Sahabat Amien Rais Ingatkan Syamsuar agar Pikir-pikir Dulu kalau Mau Balik Ke Golkar

Sahabat Amien Rais Ingatkan Syamsuar agar Pikir-pikir Dulu kalau Mau Balik Ke Golkar

Syamsuar/GORIAU

Senin, 14 Januari 2019 15:07 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Salah satu pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) di Riau, Fauzi Kadir, mengingatkan Gubernur Riau terpilih Syamsuar untuk tidak gegabah dalam menentukan sikap politik. Hal itu dikatakan Fauzi menanggapi rumor soal peluang kepulangan Syamsuar ke Golkar.

Menurut tokoh yang dulunya dikenal aktif di jejaring Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu, Syamsuar mesti menimbang kondisi kekinian politik yang tengah berlangsung di Riau dan Indonesia sebelum mengambil keputusan untuk karir politiknya.

”Kalau Syamsuar cerdas, Golkar itu masa lalu. Kalau orang ingat masa lalu tanpa membaca seting politik sekarang. Dia gak kembali ke Golkar," terang pria yang juga bersahabat dengan Mahfud MD dan Amien Rais tersebut, belum lama ini.

Fauzi menambahkan, bila Syamsuar memang berkeinginan ”loncat pagar”, maka Bupati Siak tersebut tengah larut dalam nostalgia politik semata.

"Kalau dia kembali dia memang orang Golkar, wajar dia pulang.Tapi kalau dia nostalgia itu rindu masa lalu, nyatanya dia naik (ikut Pilgubri) kan bukan dari Golkar," tambahnya.

Syamsuar, pada pemilihan gubernur Riau tahun 2018 silam tidak menggunakan Partai Golkar sebagai kendaraan politik. Dia justru memilih PAN, PKS, dan Nasdem sebagai kendaraan untuk mengarungi Pilgubri.

Berdasarkan penuturan PAN Riau, kesediaan PAN mengusung Syamsuar beserta Edy Natar pada hajatan pemilihan gubernur, dibayangi oleh kesediaan Syamsuar menjadi kader PAN.

Bahkan PAN pun menjanjikan Syamsuar kelak bakal menjadi Ketua DPW PAN area Riau menggantikan Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, Irwan Nasir.

Kedati demikian seiring kemenangan pasangan Syamsuar-Edy dalam hajatan Pilgubri, isu kepulangan Syamsuar ke Golkar kembali mengemuka. Hal itu didasari status Golkar yang identik dengan partai penguasa di Riau.

Selain itu karier politik Syamsuar yang cukup lama di Golkar, turut punya andil. Ini belum termasuk adanya sokongan loyalis Syamsuar di Golkar yang membantu kemenangan pada hajatan Pilgubri.

Dikatakan Fauzi, kalkulasi politik yang telah ikut memenangkan Syamsuar pada Pilkada Riau, justru menunjukkan Partai Golkar tidak lagi sekuat dulu.

"Yang kedua Golkar itu kalah oleh dia dengan PAN, PKS serta Nasdem . Itu membuktikan Golkar itu sudah rapuh," demikian Fauzi Kadir. ***

Artikel ini telah tayang di gatra.com dengan judul " Sahabat Amien Rais Ingatkan Syamsuar Agar Tak Gegabah Balik Ke Golkar"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Politik, Riau
wwwwww