Demi Kenyamanan Warganya, Kamera Pengawas Penting bagi Kota Pekanbaru

Demi Kenyamanan Warganya, Kamera Pengawas Penting bagi Kota Pekanbaru

Ilustrasi kamera pengawas/SHUTTERSTOCK

Kamis, 20 Desember 2018 14:22 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Keberadaan kamera pengawas yang lebih banyak di kota Pekanbaru, diharapkan dapat segera diwujudkan. Hanya saja sebaran kamera tersebut harus mempertimbangkan sejumlah faktor. Hal itu ungkapkan Anggota DPRD Riau, Taufik Arrahman. Menurut Taufik, sebaran kamera pengawas di sejumlah titik di kota Pekanbaru, memang bakal memberikan kenyamanan masyarakat setempat. Hanya saja kata Taufik, pemasangan kamera pengawas juga mesti mempertimbangkan komitmen untuk pemeliharaan dan perawatan.

"Itu sangat-sangat membantu, tapi dipikirkan juga perawatan dan pemeliharaannya," terangnya, Kamis (20/12/2018).

Ada pun Kota Pekanbaru saat ini memiliki beberapa kamera pengawas. Alat ini disebar di sejumlah titik, di antaranya di bundaran Jalan Gajah Mada (depan kantor gubernur Riau), di sekitaran fly over persimpangan Harapan Raya, dan dipersimpangan menuju Bandara Sultan Syarif Kasim.

Taufik melanjutkan, populasi penduduk kota Pekanbaru yang sudah mendekati angka 1 juta jiwa memerlukan kiat khusus untuk memberikan rasa aman.

Kamera pengawas, kata Taufik, merupakan salah satu solusi jitu untuk mengatasi persoalan itu.

”Sangat dibutuhkan sebenarnya, dengan penduduk yang mencapai 1 juta jiwa itu kan sudah dikategorikan kota besar. Tentu permasalahan sosial sangat banyak, nah inilah yang bisa dilakukan memberikan pemantauan," sebut politisi Partai Gerindra itu.

Desakan pemasangan kamera pengawas yang lebih banyak, belum lama ini dikemukakan oleh Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) Lembaga adat Melayu (LAM) kota Pekanbaru, Said Usman Abdulah.

Pria yang karib disapa SUA itu menilai sebaran kamera pengawas dapat membantu pihak berkepentingan, memantau dinamika masyarakat perkotaan di malam hari.

Sebagai informasi keberadaan kamera pengawas telah menjadi kebutuhan bagi kota-kota besar. London misalnya, kota ini diketahui memiliki ratusan ribu kamera pengawas yang tersebar di penjuru kota. Alat semacam ini biasanya menjadi pijakan awal bagi aparat keamanan untuk mengurai peristiwa hukum. ***

Artikel ini telah tayang di gatra.com dengan judul Kamera Pengawas Penting Bagi Kota Pekanbaru

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww