Home > Berita > Umum

Di Depan 1.169 Wisudawan dan Orang Tua, Rektor Beberkan Prestasi dan Kemajuan Unilak

Di Depan 1.169 Wisudawan dan Orang Tua, Rektor Beberkan Prestasi dan Kemajuan Unilak

Rektor dan wakil rektor I foto bersama dengan pemuncak Wisuda LVII Unilak.

Minggu, 14 Oktober 2018 10:21 WIB
Muhamad Maulana
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru, Riau, menggelar sidang senat terbuka dalam rangka wisuda sarjana LVII (57) dan magister VII bertempat di Hotel Labersa, Sabtu(13/10/2018). Wisuda LVII ini diikuti oleh lebih dari 1.169 wisudawan dari 9 fakultas dan program studi pascasarjana Unilak. Dengan rinciannya yaitu Fakultas Ilmu Administrasi 132 orang, Fakultas Ekonomi 320 orang, Fakultas Teknik 56 orang, Fakultas Pertanian 54 orang, Fakultas Hukum 244 orang, dan Fakultas Ilmu Budaya 91 orang.

Kemudian, Fakultas Kehutanan 12 orang, Fakultas Ilmu Komputer 103 orang, FKIP 98 orang, dan pascasarjana 59 orang. Selain itu, Universitas Lancang Kuning juga memberikan penghargaan kepada 10 orang pemuncak wisuda dari 9 fakultas dan Pascasarjana Unilak.

Rektor Unilak Dr Hj Hasnati yang dalam sambutannya membeberkan berbagai prestasi dan kemajuan yang diraih oleh perguruan tinggi yang dipimpinnya. Prestadi di bidang kemahasiswaan misalnya saja; juara nasional debat di Gorontalo, juara debat bahasa Inggris tingkat Sumatera.

Selanjutnya juara bidang seni, juara di bidang kewirausahaan, bidang olahraga mahasiswi Unilak membela Indonesia di Asian Games 2018, juara umum pencak silat, juara panahan, dan lain lain.

Selain itu prestasi dosen Unilak juga disampaikan oleh rektor. Diuraikan beberapa dosen mendapatkan beasiswa doktor di Taiwan, kemudian dosen Unilak mendapat studi singkat dan mmengajar di universitas ternama di Amerika serikat.

Kemajuan lainnya juga disampaikan oleh rektor. Menurut Hasnati, saat ini unilak telah membangun gedung baru pascasarjana, untuk institusi unilak telah mengadakan berbagai seminar internasional yang terpublikasi di jurnal internasional.

Selain itu, di bidang penelitian dan pengabdian dosen, Unilak juga mengalami peningkatan baik dari segi anggaran maupun kuantitas ada penelitian, Unilak juga melakukan kerja sama dengan berbagai pihak dalam dan luar negeri.

Keberhasilan dan prestasi yang di raih oleh Unilak di bawah pimpinan Rektor Unilak Dr Hj Hasnati ini diapresiasi oleh Ketua Yayasan Raja Ali Haji (Yasrah) Prof Irwan Effendi. Di hadapan wisudawan, dia mengucapkan terima kasih kepada orang tuanya yang telah mempercayakan kepada Unilak untuk menimba ilmu.

”Sebagai orang tua, Bupati Rokan Hulu (Sukiman) saja mempercayakan anaknya untuk kuliah di Unilak dan menjadi pemuncak (hari ini), tentu kita juga harus percaya dengan Unilak sebagai kampus unggul,” ujar Irwan.

Sementara itu Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah X Prof Dr Heri MBA dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Unilak, civitas Unilak, orang tua dan wisudawan karena telah membantu pemerintah dalam memperluas akses masyarakat untuk dapat berkuliah di perguruan tinggi.

”Perubahan akan selalu terjadi, tantangan itu semakin lama semakin meningkat, sekarang tantangannya adalah masuknya perguruan tinggi asing ke Indonesia, revolusi industri 4.O dan globalisasi,” papar Heri.

Di acara wisuda itu rektor dan Wakil Rektor I Dr Junaidi memberikan penghargaan kepada 10 pemuncak wisudawan dari masing masing fakultas dan pascasarjana.

”Alhamdulillah senang dan bangga bisa selesai kuliah, saya jadi pemuncak enggak ditargetkan, saya jalani saja. Dan selama proses kuliah dosen sangat membantu dan memberikan motivasi,” tutur Meta Riyanti salah satu pemuncak saat ditemui.

Di akhir acara seluruh wisudawan dilakukan prosesi tepuk tawar yang dilakukan oleh rektor, Guru Besar Unilak, Ketua Yasrah, Kepala LLDikti dan Gubernur Riau yang diwakili oleh Kepala Pengawas Pendidikan Riau Drs Joyosman MM.

Hadir juga dalam wisuda ini yaitu Sekretaris Yasrah Drs Muhammad ThamrinMM, Guru Besar Unilak Prof Dr Syafrani dan Prof Dr Sudi Fahmi, Wakil Rektor II Erminasari STP MSc, Wakil Rektor III Dr H Eddy Asnawi jajaran dekan, senat dosen, IKA Unilak, dan lain lain. ***

Kategori : Umum, Pekanbaru, Riau
wwwwww