Tetangga Kaget Opung Ditangkap atas Dugaan Terlibat Aksi Terorisme karena Sosoknya Dikenal Religius

Tetangga Kaget Opung Ditangkap atas Dugaan Terlibat Aksi Terorisme karena Sosoknya Dikenal Religius

Gambar hanya ilustrasi. (sumber: internet)

Sabtu, 28 Juli 2018 10:46 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Daulay alias Opung (46), terduga teroris yang ditangkap Tim Densus 88 Antiteror di Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau, dikenal sebagai sosok religius. Opung juga memiliki pergaulan yang baik dengan masyarakat. ”Sejujurnya kami tidak begitu percaya bahwa beliau terlibat dalam kelompok begitu (teroris). Selama ini dia sangat baik dan jiwa sosialnya tinggi," kata Ketua RT 01 RW 03 Kelurahan Perhentian Marpoyan, Kecamatan Marpoyan Damai, Johnson Tobing, Sabtu, 28 Juli 2018.

Dilansir potretnews.com dari kriminologi.id, Johnson mengatakan, Opung merupakan salah satu sosok yang dituakan dan disegani di perumahan tersebut.

Selain karena dia merupakan warga pertama yang menghuni perumahan itu sejak 2006, Daulay juga memiliki ilmu agama yang baik.

Bahkan, kata Johnson, Opung berusaha mengajak warga untuk selalu disiplin, taat beribadah, hingga hal sederhana, seperti makan tidak boleh mubazir.

Selain itu, Opung yang memiliki tiga anak perempuan itu juga merupakan sosok yang mudah bergaul dan membaur di lingkungan, sehingga tidak mengherankan jika seluruh warga kompleks yang bermukim di sekitar kelurahan tersebut mengenal sosok Opung atau Daulay.

"Beliau bukan orang baru. Semua bagus, agama bagus, keseharian bagus. Tidak ada mencurigakan sama sekali," kata Johnson menjelaskan.

Opung ditangkap Tim Densus 88 pada Jumat, 27 Juli 2018 di suatu lokasi di Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru.

Tim Densus 88 juga melakukan penggeledahan di rumah Opung dan menyita sejumlah barang seperti laptop, ponsel, dan buku serta beberapa kardus berisi barang tertentu. Opung diduga sebagai penyandang dana rencana penyerangan Mako Brimob Depok. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Hukrim, Pekanbaru
wwwwww