Pekanbaru Semakin Smart di Usia ke-234; Kantor Baru di Tenayanraya Jadi Kado Terindah

Selasa, 26 Juni 2018 18:48 WIB
Advertorial
pekanbaru-semakin-smart-di-usia-ke234-kantor-baru-di-tenayanraya-jadi-kado-terindahWali Kota Pekanbaru Firdaus menjadi inspektur upacara HUT ke-234 Kota Pekanbaru.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kota Pekanbaru terus berdiri kokoh dengan berbagai kemajuan pembangunannya. Sebagai kota masa depan dengan heterogenitas dan keberagaman budaya masyarakat, tepat kiranya Pekanbaru dinobatkan sebagai Kota Masa Depan Indonesia. Sejak periode pertama kepemimpinan Wali Kota Firdaus, gerak pembangunan di segala bidang berjalan dengan cepat, aktivitas pembangunan fisik, pendidikan dan perekonomian mengalami akselarasi yang sangat positif. Apresiasi atas kesuksesan itu diganjar dengan belasan penghargaan bergengsi tingkat nasional.

Pesatnya pembangunan di segala bidang yang disertai pengimplementasian kemajuan teknologi, njadikan Pekanbaru semakin smart di usia ke-234 tepat pada 23 Juni 2018.

Siapa sangka, Pekanbaru mulanya berawal dari sebuah kampung kecil di tepian Sungai Siak dan dikenal dengan nama Senapelan. Namun kini, telah tumbuh kembang menyaingi kota-kota besar yang ada di Indonesia.

Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT mengatakan, perayaan hari jadi Pekanbaru ke-234 merupakan suatu momen spesial, sebagai awal dari kebangkitan di era modernisasi. Perkembangan dan kemajuan pembangunan yang terus menggeliat di ibu kota Bumi Lancang Kuning tidak terlepas dari dukungan semua pihak.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/02072018/potretnewscom_vld7x_1328.jpg
Firdaus menandatangani launching Program Sipadu.

”Saya berterima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung segala pembangunan dalam mewujudkan Kota Pekanbaru menuju Smart City Madani,” kata dia.

Dipaparkan Firdaus, tahun ini adalah tahun keenam baginya bersama H Ayat Cahyadi Ssi menakhodai Pekanbaru dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Bila dibandingkan dengan periode pertama, banyak kemajuan-kemajuan yang sudah dicapai. Tak hanya bagi masyarakat Pekanbaru, melainkan pemikiran dan gagasan serta ide kreatif dan inovatif, program Pemko Pekanbaru dijadikan inspirasi bagi pembangunan di Tanah Air.

Ini dibuktikan dengan dinobatkannya orang nomor satu di Pekanbaru sebagai pemimpin visioner Indonesia, setelah melalui masa pengujian presentasi di hadapan Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Staf Ahli Bappenas dan Konsultan Nasional bulan Januari lalu. Penghargaan bergengsi tersebut diberikan atas kerja sama program bertajuk ‘Visionary Leader’ ditaja Ditjen Otda Kemendagri dan koran Sindo.

Untuk diketahui, Indonesia Visionary Leader merupakan kegiatan tahunan sebagai bagian dari apresiasi terhadap kepala daerah berprestasi. Apresiasi tersebut diberikan atas keberanian para kepala daerah untuk diuji dan menyampaikan gagasannya dalam membangun daerah.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/02072018/potretnewscom_x74ha_1327.jpg
Firdaus menandatangani peluncuran bukunya berjudul "Pekanbaru Madani".

Visioner leader juga untuk membantu para kepala daerah dan anak bangsa yang memiliki kemampuan luar biasa dalam mengendalikan roda pemerintahan dengan segala potensi yang dimiliki untuk kemajuan daerah dan kemajuan nasional.

Tak hanya itu saja, sepekan kemudian Wali Kota Pekanbaru kembali menorehkan penghargaan bergengi dengan dinobatkan tokoh inspiratif di Indonesia. Kata Firdaus, penghargaan tersebut tak lepas dari inovasi-inovasi yang diterapkan di Pemko Pekanbaru sehingga menjadi referensi bagi pemerintah pusat dan dikembagkan di daerah lainnya.

”Seperti penerapan Pekanbaru Kota Smart City, konsep perencanaan pembangunan kota cerdas dan gagasan pembangunan serta implementasi yang sudah dilakukan Pemko Pekanbaru jauh di atas kota lain yang ada di Indonesia. Termasuk di kementerian teknis yakni dalam negeri terutama khususnya Dirjen Otda. Kita tentu mengapresiasi ini,” jelas Firdaus.

Sementara itu dari sektor investasi, Pekanbaru masih menjadi salah satu kota tujuan investasi terbaik di Indonesia. Di mana target investasi Rp4,7 miliar yang dibebankan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DMP-PTSP) dapat dicapai pada triwulan III.

Dengan raihan ini Pemkot Pekanbaru diganjar penghargaan sebagai daerah tujuan investasi terbaik berdasarkan penilaian yang dilakukan tim independen pihak swasta dan pihak kementerian.

”Penghargaan yang kami terima tahun ini, merupakan perhargaan yang kelima diraih selama lima tahun secara berturut-turut sejak 2013 lalu. Beberapa penghargaan bergengsi lain juga diraih dalam setahun, terdapat 36 penghargaan tingkat nasional diraih,” urainya.

Lebih lanjut dikatakannya, perayaan hari jadi Pekanbaru berbeda dengan tahun sebelumnya. Karena perayaannya dipusatkan di Kompleks Perkantoran Tenayan Raya yang dijadikan sebagai kado istimewa. Disampaikan Firdaus, pembangunan perkantoran tersebut merupakan wujud dari pemerataan pembangunan di Kota Pekanbaru.

”Insya Allah tahun depan, kantor ini efektif ditempati. Bersamaan dengan lima unit gedung SKPD, beberapa SKPD akan menempati gedung tersebut,” tutur wali kota.

Sedangkan untuk Kantor Wali Kota Pekanbaru Jalan Sudirman akan dijadikan sebagai Mal Pelayanan Publik (MPP). Seluruh pelayanan perizinan dan pengurusan administrasi yang akan dipusatkan di MPP, mulai perizinan usaha, pengurusan SKCK, pengurusan administrasi kependudukan hingga surat tanda kendaraan bermotor. Sebab ke depan semua perizinan di bawah naungan pemkot juga akan terintegrasi dengan instansi vertikal lainnya.

”Semua segala macam perizinan dan pengurusan administrasi dipusatkan di MPP,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Fidaus melakukan MoU dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam penertiban kartu Smartcard yang diperuntukan bagi seluruh masyarakat Pekanbaru. Kartu itu menjadi role model nasional memiliki banyak, seperti untuk tabungan, money elektrik dan lainnya.

”Untuk naik Transmetro, sebagai absensi bagi ASN dan absensi peserta didik di sekolah dan juga bisa bayar tol di Jakarta. Khusus ASN dan THL sudah memiliki kartu Smartcard tersebut,” ujarnya. (adv/diskominfo)

wwwwww