Home > Berita > Umum

Fasilitasi Pelatihan Program BUMDes, Asian Agri Sokong Pertumbuhan Ekonomi Desa

Fasilitasi Pelatihan Program BUMDes, Asian Agri Sokong Pertumbuhan Ekonomi Desa

Head Sustainablelity Operation & CSR Asian Agri, Welly Pardede berfoto bersama dengan para peserta training.

Rabu, 09 Mei 2018 17:45 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Asian Agri, perusahaan perkebunan kelapa sawit terbesar di Indonesia, memfasilitasi pelatihan program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dalam menyokong pertumbuhan ekonomi desa. Pelatihan yang terlaksana di Training Centre Asian Agri diikuti 4 Desa di Riau (Ukui 2, Tanjung Pauh, Delik, Petapahan) dan 2 Desa Jambi (Tuo Sumai, Teriti) Kabupaten Riau, pada 3 - 4 Mei 2018, merupakan wujud mendukung program BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) untuk pemerintah desa yang ada di sekitar perusahaan.

Turut hadir Head Sustainability & CSR Welly Pardede; Kabid Fasilitasi Keuangan Aset & Pendampingan Desa, HM Sartibi; dan aparat perangkat desa, puluhan petani dan tokoh masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Head Sustainability & CSR Asian Agri, Welly Pardede mengungkapkan, kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk mendorong program BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) untuk pemerintah desa yang ada di sekitar perusahaan. "Untuk mendukung hal ini, sebelumnya Asian Agri sudah membantu bibit kelapa sawit untuk lahan Tanah Kas Desa Petapahan seluas 10 Ha, membangun kelapa sawit termasuk pengadaan bibit kelapa sawit untuk Tanah Kas Desa Ukui 2 seluas 2,7 Ha," jelasnya.

Diharapkan Welly, kegiatan dapat membentuk sinergi antarpihak, yaitu masyarakat, pemerintah dan perusahaan untuk lebih memajukan BUMDes yang ada di sekitar perusahaan.

Sementara itu, Kabid Fasilitasi Keuangan Aset & Pendampingan Desa, HM Sartibi menyampaikan, saat ini di Riau ada sebanyak 816 BUMDes, diantaranya 193 dalam kategori baik, 483 kategori berkembang, 140 kurang baik.

"Harapannya, BUMDes akan menjadi urat nadi pertumbuhan ekonomi tingkat desa yang akan menyokong pertumbuhan ekonomi Riau," ucapnya.

Ia menambahkan, pemerintah mengapresiasi kegiatan CSR yang dilakukan Asian Agri. "Kita sambut dengan senang hati dan bahagia. Di waktu mendatang program CSR ini diharapkan menjadi lebih maju dan berkembang dalam memberdayakan masyarakat dan desa," cetusnya.

Mewakili Pengurus BUMDes Ukui 2, Arisman mengucapkan terimakasih kepada perusahaan Asian Agri yang sudah memberikan pelatihan ini yang sangat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Menurutnya, bukan kegiatan ini saja yang telah dirasakan masyarakat, juga Asian Agri sudah memberikan bantuan sebelumnya untuk mengelola Tanah Kas Desa.

"Kami berharap perusahaan dapat terus mendampingi kami untuk lebih memantapkan pelaksanaan dan pengelolaan BUMDes Ukui 2," katanya. (rls)

Kategori : Umum
wwwwww