Home > Berita > Riau

Usai Jadi Khatib Salat Jumat, Menteri Sofyan Djalil Serahkan Sertifikat Tanah Wakaf untuk Kabupaten dan Kota di Provinsi Riau

Usai Jadi Khatib Salat Jumat, Menteri Sofyan Djalil Serahkan Sertifikat Tanah Wakaf untuk Kabupaten dan Kota di Provinsi Riau

Sofyan Djalil menyerahkan sertifikat tanah wakaf.

Jum'at, 20 April 2018 19:46 WIB
Sahril Ramadana
SIAK,POTRETNEWS.com  : - Usai menjadi Khatib Salat Jumat di Masjid Agung Sultan Syarif Hasyim Kota Siak Sri Indrapura, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Republik Indonesia Sofyan Djalil menyerahkan secara simbolis 16 lembar sertifikat hak atas tanah wakaf untuk kabupaten/kota se Provinsi Riau.

"Sertifikat tanah wakaf sangat penting, terutama untuk menghindari sengketa-sengketa tanah wakaf Mesjid dan Mushola di Riau," kata Sofyan Djalil, Jumat (20/4/2018).

Sementara menurut Plt Bupati Siak Alfedri pengurusan dan pengamanan Tanah Wakaf di Siak berkerjasama dengan Kepala Kantor Pertanahan,  pemerintah daerah dan Badan Wakaf Indonesia cabang Kabupaten Siak.

"Ini dilakukan untuk mengidentifikasi dan inventarisasi Tanah Wakaf dengan basis data SIWAK (Sistem Informasi Tanah Wakaf) serta sumber informasi lainnya," terang Alfedri.

Tahun 2016 lalu, kata Alfedri, pemerintah daerah juga telah MoU dengan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kabupaten Siak dan Kantor Pertanahan Kabupaten Siak, terkait Sertifikasi Tanah Wakaf se-Kabupaten Siak berjumlah 682 persil.

Sebenarnya, kata Alfedri, jumlah tersebut masih jauh dibawah perkiraan awal. Sebab tanah wakaf di Kabupaten Siak diperkirakan hampir mencapai 1000 persil. Dari jumlah tersebut, sertifikat Hak Milik Wakaf yang telah terbit baru berkisar 20 persen.

"Karena itu, melalui berbagai program BPN seperti PTSL, Prona, maupun kerjasama dengan Kementerian Agama, telah dilakukan pensertifikatan Tanah Wakaf se Kabupaten Siak. Tahun 2017 lalu, Tanah Wakaf yang telah memenuhi syarat sebanyak 54 persil dan telah selesai sertifikat Hak Milik Wakafnya sebanyak 8 persil," kata Alfedri.*****

Kategori : Riau, Siak, Umum, Peristiwa
wwwwww