Home > Berita > Riau

Pembangkit Listrik di Kompleks PT RAPP Meledak, Tiga Orang Dikabarkan Alami Luka Bakar

Pembangkit Listrik di Kompleks PT RAPP Meledak, Tiga Orang Dikabarkan Alami Luka Bakar

Ilustrasi.

Kamis, 15 Maret 2018 11:55 WIB
PANGKALAN KERINCI, POTRETNEWS.com - Pembangkit listrik PT Riau Prima Energy (RPE), anak perusahaan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Rabu (14/3/2018), dikabarkan meledak. Tiga orang dilarikan ke rumah sakit. Hal itu diketahui karena listrik yang dikelola BUMD Tuah Sekata di Pangkalankerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau, padam selama 17 jam.

Sambungan arus dipadamkan terhitung sejak Rabu (14/3/2018) pukul 17.00 WIB hingga Kamis (15/3/2018) jam 10.00 WIB listrik tak kunjung hidup.

Direktur BUMD Tuah Sekata, Sanusi Arianto, seperti dilansir potretnews.com dari tribunnews.com membenarkan pemadaman listrik yang sudah berlangsung selama 17 jam. Arus padam lantaran pasokan daya dari PT RPE, sebagai sumber arus BUMD Tuah Sekata, terputus sejak Selasa (14/3/2018) sore.

Pasokan daya berhenti karena salah satu trafo milik PT RPE yang berada di dalam kompleks PT RAPP meledak.

"Ada trafo meledak di dalam (RAPP), akibatnya pasokan arus terputus ke kita. Kemudian berimbas ke pelanggan," jelas Sanusi, Kamis (15/3/2018). Sanusi menyatakan pihak tak bisa berbuat banyak terkait kondisi ini.

Selama ini BUMD hanya bergantung pada pasokan daya PT RPE dan tak memiliki pembangkit listrik sendiri. Alhasil jika ada gangguan dari PT RPE akan berimbas langsung ke pelanggan, tanpa bisa bermanuver ke pembangkit lain.

Kondisi ini semakin diperparah dengan proses perbaikan trafo di RPE yang memakan waktu cukup lama. Meski trafo yang meledak bisa diatasi hingga Kamis (15/3/2018) sore nanti, RPE tak bisa serta merta menghidupkan pembangkitnya.

Teknisi perusahaan itu akan mengecek jaringan dan turbin pembangkit untuk melihat ada tidaknya gangguan akibat dari trafo yang terbakar itu.

"Makanya mereka di dalam (karyawan RAPP) juga ikut padam dari semalam. Baik townsite I maupun townsite II. Kita tetap menunggu perbaikan dari RPE," ujar Sanusi. ***

Tiga Orang Dikabarkan Alami Luka Bakar
Dari informasi yang beredar, insiden di kompleks PT RAPP ini mengakibatkan 3 orang pekerja mengalami luka bakar dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Namun, Manager Corporate Communication PT RAPP Djarot Handoko yang dikonfirmasi potretnews.com pada Kamis (15/2/2018) siang sekira pukul 11.45 WIB belum memberikan tanggapan. ***

Editor:
Akham Sophian

wwwwww