Home > Berita > Riau

BBKSDA Identifikasi Harimau Sumatera yang ”Suka” dengan Manusia di Indragiri Hilir, Sudah 2 Warga yang Tewas Diterkam

BBKSDA Identifikasi Harimau Sumatera yang ”Suka” dengan Manusia di Indragiri Hilir, Sudah 2 Warga yang Tewas Diterkam

Ilustrasi (Foto: WWF)

Minggu, 11 Maret 2018 19:26 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau berupaya mengidentifikasi harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) yang menerkam seorang warga di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) hingga tewas, akhir pekan ini. "Kami masih meneliti harimau yang menerkam Yusri hingga meninggal. Apakah memang harimau yang selama ini kami cari atau lainnya," kata Kepala Bidang Wilayah I BBKSDA Riau, Mulyo Hutomo kepada Antara di Peanbaru, Ahad (11/3/2018), dilansir potretnews.com dari okezone.com.

Yusri Efendi, seorang buruh bangunan di Dusun Sinardanau, Desa Tanjung Kecamatan Pelangiran, Kabupaten Indragiri Hilir meregang nyawa setelah diserang seekor harimau sumatera pada Sabtu malam tadi.

Bukan hanya itu, pada awal Januari 2018 lalu seorang warga bernama Jumiati meninggal dunia karena insiden yang sama, diserang harimau. Perempuan berusia 33 tahun itu meninggal saat sedang melakukan perawatan sawit di tempat ia bekerja, PT Tabung Haji Indo Plantantion (THIP).

Namun, Hutomo menjelaskan jarak antara tempat kejadian perkara (TKP) pertama dan kedua cukup jauh, berkisar antara 10 hingga 15 kilometer.

Sebenarnya, setelah insiden pertama, tim BBKSDA Riau telah diturunkan untuk menangkap dan menyelamatkan harimau tersebut. Tim tersebut terdiri dari TNI, Polisi dan sejumlah pegiat satwa dilindungi.

Sejumlah perangkap juga telah dipasang. Perangkap-perangkap berbentuk kotak berisi kambing jantan dan babi hutan menyebar di sekitar lokasi itu.

Begitu juga kamera pengintai yang dipasang di setiap sudut dimana perangkap itu berada. Namun, selama lebih kurang dua bulan pencarian, belum ada perkembangan berarti.

Di sekitar TKP, Hutomo mengatakan terpantau dua ekor harimau Sumatera. Keduanya berjenis kelamin betina, berusia sekitar empat tahun. Untuk mempermudah identifikasi, BBKSDA Riau memberi nama keduanya dengan nama Boni dan Bonita.

Dalam kejadian ini, Bonita diduga kuat pelaku penerkam warga. Pasalnya, Jumiati sebelumnya tewas di tangan Bonita. Bonita juga disebut mengalami perubahan prilaku pasca menerkam Jumiati. Diantaranya, tidak sungkan untuk bertemu dan mendekati manusia. Sementara, harimau normal akan menghindar dan lari saat melihat kerumunan manusia.

Beberapa kali pula warga melihat Bonita berkeliaran di areal perkebunan sawit. Tidak sedikit gambar rekaman Bonita berkeliaran di perkebunan sawit direkam warga. Namun, untuk memastikan hal tersebut, Hutomo mengatakan pihaknya masih terus mendalaminya.

"Kami masih meneliti melalui identitas lorengnya. Apakah Bonita atau harimau sumatera lain. Pada saat kejadian, tim kita memang berada di sana," ujar Hutomo yang juga didapuk sebagai ketua tim penyelamat Harimau di Inhil tersebut.

Sementara itu, ia menuturkan proses pencarian dan upaya penyelamatan Bonita terus dilakukan. Sejak awal pekan lalu, tim penyelamat Harimau terus ditambah, yakni dengan melibatkan tim penembak jitu menggunakan bius. ***

Editor:
Akham Sophian

BBKSDA Identifikasi Harimau Sumatera yang ”Suka” dengan Manusia di Indragiri Hilir, Sudah 2 Warga yang Tewas Diterkam
Kategori : Riau, Inhil, Umum, Peristiwa
wwwwww