Di Akun Facebooknya Presiden Jokowi Cerita soal Tol Padang-Pekanbaru dan Terowongan Terpanjang di Indonesia

Di Akun Facebooknya Presiden Jokowi Cerita soal Tol Padang-Pekanbaru dan Terowongan Terpanjang di Indonesia

Presiden Jokowi meninjau lokasi groundbreaking tol Padang-Pekanbaru, 9 Februari lalu.

Minggu, 11 Februari 2018 12:28 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru ruas tahap pertama yang menghubungkan Kota Padang-Sicincin. "Hari Jum’at kemarin, saya meresmikan dimulainya pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru itu. Panjangnya 244 kilometer dengan biaya pembangunan Rp78 triliun," ungkap Presiden melalui akan resmi Facebook miliknya, Ahad (11/2/2018).

Presiden Jokowi menyampaikan banyak manfaat yang dihasilkan dari pembangunan jalan tol ini, diantaranya menghemat waktu tempuh perjalanan Padang-Pekanbaru hingga 6 jam.

"Dari Padang ke Pekanbaru saat ini ditempuh dalam sembilan jam perjalanan. Jalan tol akan memangkas waktu tempuh itu hingga tinggal sekitar tiga jam saja," jelasnya, dilansir potretnews.com dari okezone.com.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menceritakan mengenai pembangunan terowongan yang ada di ruas tol tersebut yang panjangnya mencapai 9 kilo meter (km).

"Di ruas jalan tol Padang-Pekanbaru ini juga akan dibangun beberapa terowongan yang menembus perut pegunungan Bukit Barisan. Ini akan jadi terowongan terpanjang di Indonesia, biayanya saja Rp9 triliun," imbuhnya.

Presiden Jokowi melanjutkan, jalan tol Padang-Pekanbaru juga akan menurunkan biaya logistik dan meningkatkan daya saing.

"Bila rampung di tahun 2023, jalan tol ini akan memberikan dampak positif yang luar biasa terhadap perekonomian Sumatera Barat dan sekitarnya. Bukan hanya soal pengangkutan produk-produk, tapi juga memudahkan akses wisatawan ke keindahan Sumatera Barat yang begitu lengkap yakni religi, budaya dan alamnya," demikian presiden. ***

Editor:
Akham Sophian

wwwwww