Home > Berita > Riau

Saat Wali Kota se-Sumatera Kagum dengan Perkembangan Signifikan Pekanbaru

Selasa, 06 Februari 2018 07:15 WIB
Advertorial
saat-wali-kota-sesumatera-kagum-dengan-perkembangan-signifikan-pekanbaruWalik Kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT saat memaparkan kecanggihan Command Center kepada Ketua Umum Apeksi Airin Rachmi Diany dan wali kota se-Sumatera.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Musyawarah Komisariat Wilayah I Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (Muskomwil I Apeksi) yang berlangsung di Hotel Aryaduta Pekanbaru, Provinsi Riau, beberapa hari lalu, telah berhasil dengan sukses. Salah satu keputusan strategis dari muskomwil ini adalah terpilihnya secara aklamasi Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT, sebagai Ketua Komwil I Apeksi.

Pengukuhan dilakukan langsung oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Apeksi Airin Rachmi Diany yang juga merupakan Wali Kota Tangerang Selatan di Hotel Aryaduta Pekanbaru, Jumat (2/2/2018). Sementara acara dibuka Wakil Ketua DPP Apeksi T Dzulmi Eldin S (Wali Kota Medan). 

Sebelum hadir dan sepakat memilih Firdaus di forum itu, 24 wali kota se-Sumatera yang menjadi peserta muskomwil telah lebih dulu menghadiri beragam kegiatan dalam rangkaian perhelatan ini.

Untuk diketahui, ada sederet agenda dalam Muskomwil I tersebut, mulai dari aspek budaya, lingkungan hingga pemerintahan serta pemilihan pengurus baru, berupa sidang pleno guna memilih ketua, serta pengukuhan pengurus.

Salah satu acara yang disiapkan panitia untuk peserta adalah city tour. Dan, yang menjadi sasaran kunjungan yakni Pekanbaru Command Center.

Dalam tinjauan ini, peserta yang dipimpin Ketua Umum Apeksi Airin Rachmi Diany dengan didampingi langsung oleh Wali Kota Pekanbaru Firdaus, menyaksikan kecanggihan teknologi di Pekanbaru Command Center yang berlokasi di Kantor Diskominfo Kota Pekanbaru Jalan Pepaya.

Pantauan media, para peserta Muskomwil I Apeksi Regional Sumatera tahun 2018 tampak terpesona dan mendapat ilmu tentang kecanggihan pengelolaan IT di tempat tersebut, karena saat ini hanya ada di Kota Pekanbaru alat tersebut. Para peserta kemudian mengenal lebih jauh tentang bagaimana fungsi dan manfaat dari perangkat IT yang ada di Pekanbaru Command Center.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/06022018/potretnewscom_snn2d_1193.jpgWali kota se-Sumatera mendapat penjelasan tentang fungsi satu per satu dari aplikasi yang terdapat pada Pekanbaru Command Center dari Kepala Diskominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru Firmansyah Eka Putra.

Pada kesempatan itu, Kepala Diskominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru Firmansyah Eka Putra ST MT memaparkan kepada rombongan tentang fungsi satu per satu dari aplikasi yang terdapat pada Pekanbaru Command Center tersebut.

"Pekanbaru Command Center ini sangat banyak manfaatnya, alat ini koneksi dengan CCTv yang canggih untuk melihat aktivitas kota, sehingga lebih cepat dan akurat dalam mematau perkembangan kota Pekanbaru," papar Eka di depan para rombongan.

Selain itu, dalam peninjauan tersebut wali kota juga sempat melakukan video conference dengan Kabid Pengelolaan dan Layanan Komunikasi dan Informasi Publik Mawardi SAg, yang saat itu tengah berada di RTH Tunjuk Ajar Integritas di Jalan Ahmad Yani.

"Assalamu'alaikum pak wali. Saat ini saya di RTH Ahmad Yani. Pantauan di sini masih terlihat lengang. Mungkin karena faktor cuaca yang panas belum ada masyarakat yang berdatangan. Sekian saya melaporkan pak Wali," ujar Mawardi saat video conference tersebut dilakukan.

Wali kota pun melalui Kadiskominfo juga mengenalkan tentang aplikasi "EKA" (Evaluasi Kinerja Anggaran), Sipadu, dan monitoring tentang lokasi pertanahan di Kota Pekanbaru.

Ketua Apeksi Airin Rachmi pun sontak tertarik dan memuji beberapa aplikasi berbasis IT yang ada di Pekanbaru Command Center tersebut. "Saya sangat suka dengan aplikasi tentang Sipadu dan pertahanan itu," tutur Airin.

Wali Kota Pekanbaru menyebut bahwa dua aplikasi tersebut digagas oleh Camat Bukitraya Masykur Tarmizi, dan Camat Rumbai Zulhelmi.

Sementara pada kunjungan ke Pekanbaru Command Center ini, para tamu wali kota yang hadir sempat terkesima dan terpesona dengan alat layanan aplikasi yang canggih dalam percepatan smar city yang digagas oleh Diskominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru tersebut.

Sebelumnya, Wali Kota Padang Mahyedi Anhasrullah selaku Ketua Apeksi I Sumatera dalam sambutan di acara Muskomwil I Apeksi, mengapresiasi perkembangan signifikan Kota Pekanbaru.

"Saya yakin dan percaya semua yang hadir (24 wali kota se-Sumatera, red) ingin melihat langsung kemajuan pesat di Pekanbaru, dari berbagai aspek sebagai bahan studi pembanding yang akan dibawa kembali ke kotanya masing-masing," ucap Mahyedi. (adv)

wwwwww