Home > Berita > Riau

Dihadiri Gubernur Andi Rachman beserta Istri, Pawai Taaruf dan Bazar MTQ ke-36 Provinsi Riau di Dumai Berlangsung Meriah

Minggu, 10 Desember 2017 19:45 WIB
dihadiri-gubernur-andi-rachman-beserta-istri-pawai-taaruf-dan-bazar-mtq-ke36-provinsi-riau-di-dumaiGubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman melambaikan tangan ke arah kafilah MTQ ke-36 Tingkat Provinsi Riau Tahun 2017, di Dumai, Ahad (10/12/2017).
DUMAI, POTRETNEWS.com - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman secara resmi melepas peserta Pawai Taaruf Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-36 Tingkat Provinsi Riau Tahun 2017, di Dumai, Ahad (10/12/2017). Dalam sambutannya, gubernur menyampaikan bahwa pawai ini diharapkan menggugah hati masyarakat dan menyerap hikmah serta pendidikannya semoga masyarakat antusias menyaksikan helat MTQ ini.

Dikatakan, sejatinya pelaksanaan helat MTQ ini esensinya adalah membumikan Alquran di tanah Melayu. Kegiatan pawai ini juga sekaligus sarana silaturahmi antar kontingen sedangkan bazar merupakan sarana untuk meningkatkan sektor UMKM di Prov Riau.

Oleh karena itu, kata pria yang akrab disapa Andi Rachman ini, hendaknya kegiatan ini jgn dipandang sebagai kgiatan seremonial saja melainkan lebih pada tujuan silaturahmi dan mendorong antusias masyarakat untuk menyaksikan kegiatan MTQ.

Pawai taaruf yang berpusat di Jalan HR Soebrantas Kota Dumai diikuti sebanyak 12 kabupaten/kota se-Provinsi Riau. Kegiatan pawai taaruf tersebut 12 kabupaten/kota menampilkan kebolehannya di depan panggung kehormatan, mereka berjalan sembari bersholawat, mengaji dan ada pula yang menari, bermain musik, marching band sambil meyanyikan lagu keagamaan dan lagu khas daerahnya masing-masing.

Aksi mereka disaksikan oleh Gubernur Riau beserta istri, Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim, Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau H Sunaryo, Sekda Prov Riau H. Ahmad Hijazi Asisten I Setdaprov Riau Ahmad Syah Harrofie, Ketua MUI Prov Riau Nazir Karim, Wali kota Dumai Zulkifli As, Wakil Wali Kota Dumai Eko Suharjo, Sekdako Dumai HM Nasir, Ketua DPRD Dumai Gusri Effendi, seluruh tamu undangan yang terdiri dari kepala daerah se-Provinsi Riau dan unsur Forkopimda Kota Dumai.

Dalam rangka memeriahkan MTQ ke-36 tahun 2017, para peserta pawai yang baru melintas di depan panggung utama masing masing tiap kabupaten/Kota membawakan tema yang dibawakannya baik dari segi pembanguan, objek wisata, semangat mengaji, serta keanekaragaman tradisi budaya adat dan istiadat. Selain itu, keunikan kendaraan hias yang beranekaragam bentuk tema dari masing- masing kontingen juga turut memeriahkan suasana MTQ tersebut.

Ribuan masyarakat Dumai beramai ramai menyambut pawai taaruf di sepanjang Jalan HR Soebranras. Start pawai taaruf mulai dari depan Lapangan Bukitgelanggang hingga Jalan Sudirman-Jl Sultan Syarif Kasim- Jl Patimura finis.

Meskipun panas terik menyelimuti Kota dumai mereka tetap antusias menyaksikan beragam atraksi, nyanyian lagu, tarian, musik khas dan pakian adat daerah masing-masing kontingen dari seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Riau.

Pawai Taaruf MTQ ke-36 Provinsi Riau berlangsung sukses dan meriah yang diikuti seluruh kafilah. Sementara itu, pembukaan bazaar MTQ ke-36 dibuka secara resmi oleh Gubernur Riau yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh istri Gubernur Riau Hj Sisilita Arsyadjuliandi. Selanjutnya, seluruh stan kabupaten/kota se-provinsi mempresentasikan kekhasannya, mulai dari makanan khas hingga kerajinan tangan dari daerahnya masing-masing disaksikan seluruh pejabat pemerintah yang hadir maupun masyarakat setempat. ***

wwwwww