BBKSDA Riau Tak Mau Disalahkan soal Acara Man of The Years 2017 yang Dihentikan Malam Kemarin di Purna-MTQ Pekanbaru

BBKSDA Riau Tak Mau Disalahkan soal Acara <i>Man of The Years 2017</i> yang Dihentikan Malam Kemarin di Purna-MTQ Pekanbaru

Peserta Man of The Years di Pekanbaru meninggalkan Gedung Idrus Tintin, kemarin malam, setelah acara dihentikan karena diduga tak berizin. (foto: goriau.com)

Minggu, 20 Agustus 2017 16:10 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau angkat bicara terkait dihentikannya acara Man of The Years 2017, yang berlangsung di Anjungan Idrus Tintin kawasan Purna MTQ Kota Pekanbaru, Sabtu (19/8/2017) malam. Menurut Humas BBKSDA Riau Dian Indriati, dalam hal ini pihaknya bukan penyelenggara, melainkan sebagai pendukung saja. Alasannya, karena salah satu objek kunjungan peserta Man of The Years ini adalah kawasan konservasi, di antaranya Suaka Margasatwa Bukit Rimba Bukit Baling.

"Dan kita memang mendukung penuh untuk peningkatan ekonomi masyarakat, termasuk dari sektor wisata. Kita berharap sekali dengan adanya penyelenggaraan ini destinasi wisata di Riau dapat dipromosikan oleh para kontestan (Man of The Years, red) tersebut," tulisnya, Ahad (20/8/2017) siang, dilansir potretnews.com dari GoRiau.com.

Selama di Riau, kontestan Man of The Years sudah melakukan beberapa kegiatan, seperti penanaman pohon, kemah konservasi, tracking, pengenalan satwa terutama gajah dan harimau, pemasangan kamera trap serta pembersihan kawasan konservasi dari sampah.

"Bahkan rencananya hari ini melakukan kunjungan ke panti asuhan. Di car free day pun mereka tidak hanya mengikuti senam bersama masyarakat saja, tetapi menyuarakan pentingnya konservasi satwa liar dan lingkungan hidup," ungkap Dian menjelaskan.

"Mereka datang ke kami dengan mengajukan kegiatan positif tentang konservasi satwa liar, lingkungan hidup dan kemanusiaan. Kalau kegiatan positif seperti ini kurang didukung, lantas kegiatan yang bagaimana yang akan didorong terdengar ke penjuru dunia," sesalnya.

"Kita tidak ingin Riau hanya didengar karena asap kebakarannya, perambahannya, illegal logging-nya saja. Namun kegiatan lain yang mengajak masyarakat untuk menyadari pentingnya menjaga lingkungan hidup dan pelestarian satwa liar," tutur dia.

Sementara terkait dihentikannya acara kemarin malam, wanita ini enggan berkomentar. Seperti yang diberitakan  sebelumnya, acara Man of The Years tadi malam terpaksa dihentikan, bahkan kepolisian sempat datang dan menanyai panitia.

Kepala Dinas Pariwisata Fahmizal mengaku kaget jika acara itu tetap berjalan, sebab dirinya sedang berada di Jakarta menghadiri acara parade tari. Setahu dia, dari awal pihaknya sudah tidak mengizinkan acara itu berlangsung.

"Kita sudah berikan teguran keras dan saya meminta langsung untuk membatalkan acara. Ini murni kesalahan anak buah saya yang memberikan izin pinjam lokasi," jelas Fahmizal. Pasca-dihentikan, para yang berasal dari 13 negara di dunia ini langsung meninggalkan Gedung Idrus Tintin. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

wwwwww