Home > Berita > Rohul

”Selamat Tinggal” Bank Riaukepri, Pemkab Rohul Pindahkan Kas Daerah ke BRI

”Selamat Tinggal” Bank Riaukepri, Pemkab Rohul Pindahkan Kas Daerah ke BRI

Bupati Rokan Hulu Suparman (dua kanan) berjabat tangan dengan Pimpinan BRI Wilayah Pekanbaru Erizal usai penandatanganan kerja sama di Pasirpengaraian, Senin (31/7/2017).

Selasa, 01 Agustus 2017 18:25 WIB
PASIRPENGARAIAN, POTRETNEWS.com – Pemerintah Kabupaten Rlokan Hulu (Pemkab Rohul) resmi menjalin kerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk, Senin (31/7/2017). Ini terkait pengelolaan rekening kas umum daerah (RKUD). Bupati Rohul H Suparman meneken memorandum of understanding (MoU) bersama Pemimpin Wilayah PT BRI Pekanbaru Erizal usai apel pagi gabungan OPD Rohul di Pasirpengaraian.

Penandatanganan MoU kemarin disaksikan Sekda Rohul Damri Harun didampingi Pemimpin Cabang PTBRI Pasirpengaraian Bhakti Agung Siswanto, Kabag DJS Kanwil BRI Pekanbaru Parluhutan Pardosi dan para pejabat dan ASN di lingkungan Pemkab Rohul.

BACA JUGA:

. Soal Penerbitan Obligasi Bank Riaukepri, Fitra Riau: Kasus Rp500 Miliar Masih ”Bermasalah”, Kok Buru-buru Nambah Rp1,5 Triliun

Dalam perjanjian kerja sama itu, Pemkab Rohul menyepakati menyimpan semua bentuk pemasukan daerah ke BRI Cabang Pasirpengaraian. Seluruh transaksi keuangan, baik penerimaan dan pengeluaran daerah akan dilakukan melalui BRI.

BRI dikenal memiliki unit kerja (uker) terbanyak dan jaringan terluas serta memiliki satelit yang dapat men-support transaksi keuangan Pemkab Rohul secara online.

Kerja sama ini menjadi sejarah bagi kabupaten/kota di Riau. Karena baru Rohul yang mempercayakan pengelolaan RKUD ke BRI. Sebagaimana diketahui sebelumnya pengelolaan RKUD Rohul melalui Bank Riau Kepri Cabang Pasirpengaraian.

Dalam kesempatan itu Suparman seperti berita yang dilansir potretnews.com dari riaupos.co menjelaskan, Pemkab Rohul terus berupaya menggali potensi penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak serta pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Karena itu, pihaknya memerlukan layanan produk perbankan dengan sistem teknologi informasi mutakhir.

"Dari beberapa bank, kami menjatuhkan pilihan ke BRI. Pertimbangan kami karena BRI memiliki unit kerja terbanyak dan jaringan terluas. Bisa menjangkau seluruh wilayah dan memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat di 16 kecamatan,” ujar Suparman.

Apalagi, lanjut Suparman, BRI telah memiliki satelit sendiri. Diharapkan dengan sarana dan fasiltas itu dapat memudahkan Pemkab Rohul, rekanan dan masyarakat melakukan transaksi keuangan. Orang nomor satu di Rohul itu mencontohkan, salah satu layanan perbankan yang diyakini dapat didukung BRI, adalah kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran pajak.

Selama ini katanya, masyarakat di pedesaan selalu kesulitan membayar pajak. Karena jauhnya jarak tempuh ke tempat pembayaran pajak. Bahkan untuk membayar pajak, katanya, masyarakat pedesaan harus mengeluarkan biaya lebih besar, dibandingkan besaran pajak yang harus mereka bayarkan.

"Kami ingin masyarakat Rohul nyaman. Sehingga mereka tidak kesulitan lagi membayar pajak karena dapat dibayar secara online. Serta ditopang agen-agen Brilink di setiap Bumdes binaan Pemkab Rohul," tuturnya.

Dengan adanya kerjasama ini, ke depan Pemkab Rohul dapat melakukan pemantauan terhadap progres peningkatan realisasi PAD setiap saat. Karena selama ini, pemerintah daerah kewalahan mendapatkan data keuangan terkait progres realisasi sektor PAD yang ada di Rohul pada bank sebelumnya.

Sementara Pemimpin Wilayah PT BRI Pekanbaru Erizal menjelaskan sebagai bank berstatus BUMN, BRI memiliki kewajiban membantu Pemkab Rohul agar keuangan daerah dapat dikelola secara optimal. Baik secara internal maupun dengan pihak rekanan nantinya. Tentunya dari kerja sama ini, seluruh keuangan akan dikelola secara komputerisasi langsung ke bagian keuangan daerah.

"BRI mendukung Pemkab Rohul baik secara infrastruktur, sistem dan SDM perbankan dalam mendukung kerja sama ini. Yakni dengan sistem Cash Management System (CMS), agar keuangan daerah lebih cepat, transparan dan akuntabel," katanya.

Dalam kerja sama yang disepakati, katanya, seluruh transaksi keuangan, baik dana transfer pusat ke daerah seperti dana bagi hasil (DBH), dana alokasi umum (DAU), dana alokasi khusus (DAK), dan pengeluaran daerah akan dilakukan melalui BRI.

"BRI sudah menyiapkan layanan khusus untuk melayani transaksi keuangan pemda. Ke depan kami akan menempatkan kantor kas di Bapenda dan ATM di lokasi yang dianggap berpotensi dan menunjang pembayaran. Kami komit meningkatkan UMKM, retail seperti yang diharapkan Pemkab Rohul," tuturnya.

Erizal mengatakan, BRI menawarkan EDC Collection di setiap organisasi perangkat daerah, koperasi di Pemda Rohul. "Secara infrastruktur kami siap. Kami juga menyiapkan mobil teras keliling untuk membantu pelayanan di awal bulan," ujarnya. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Kategori : Rohul, Riau, Umum, Pemerintahan
wwwwww