Home > Berita > Siak

Di Hadapan Ditjen PPI Kemenperin, Sekda Siak Ungkap Keunggulan KITB

Di Hadapan Ditjen PPI Kemenperin, Sekda Siak Ungkap Keunggulan KITB

Sekda Siak (baju putih) saat melakukan pemaparan.

Kamis, 27 Juli 2017 22:20 WIB
Sahril Ramadana
JAKARTA, POTRETNEWS.com  - Sekertaris Daerah (Sekda) Siak, T. Said Hamzah, Rabu 26 Juli 2017 kemarin melakukan pemaparan terkait penyediaan infrastruktur pendukung pada Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB), dihadapan Direktur Jenderal (Ditjen) Pengembangan Perwilayahan Industri (PPI) Kementerian Perindustrian Imam Haryono, Jakarta. Acara yang juga dihadiri sejumlah Kementrian itu, sejatinya bertujuan untuk percepatan pengembangan kawasan industri baru di lima daerah yang sudah ditetapkan sebagai proyek strategis Nasional, melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 58 tahun 2017.

Sehingga, diperlukan koordinasi dalam rangka penyediaan insfrastruktur pendukung seperti, jalan, bandara, air bersih, listrik, perkantoran serta penambahan panjang Dermaga sepanjang 200 meter dan infrastruktur penunjang lainnya. Infrastruktur itu diusulkan baik di dalam maupun diluar kawasan industri.

Sekda T. Said Hamzah dalam paparannya menjelaskan, bahwa KITB memiliki lahan yang telah dibebaskan seluas 5.192 hektare. Dari luas lahan tersebut, 600 hektare telah berserpikat hak pengelolaan.

"Keunggulan KITB tentunya status lahan sudah dibebaskan dan telah dibentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yaitu PT. KITB, dan telah menjalin kerjasama dengan PT.Bosowa Corporindo. Kawasan ini juga sangat strategis, karena ada tiga rute untuk menuju jalur pelayaran International (selat malaka,red),"terang Sekda Siak ini.

Bahkan saat ini, lanjut Sekda, aktivitas di pelabuhan itu juga sudah berfungsi, ini dilihat dengan adanya kegiatan bongkar kendaraan roda 4 untuk wilayah Provinsi Riau dan sekitarnya. Bukan hanya itu saja, bongkar Pupuk Sriwijaya serta kegiatan ekspor cangkang baik ke Jepang, Filipina, Korea Selatan maupun Singapore, juga sudah sering dilakukan di KITB.

Melaui pesan rilis yang dikirim Humas Kabupaten Siak, dalam acara tersebut, selain sekda, Asisten II Syafri Lenti, Bappeda, Kadis Perhubungan, Kadis Perdagangan dan Perindustrian serta Kepala Bagian Ekonomi Siak juga hadir.  ***

wwwwww