Home > Berita > Siak

Hadiri Puncak HAN, Bupati Siak Ingatkan Masyarakat agar Berikan Perlindungan dan Kenyamanan bagi Anak

Hadiri Puncak HAN, Bupati Siak Ingatkan Masyarakat agar Berikan Perlindungan dan Kenyamanan bagi Anak

Syamsuar saat menghadiri HAN 2017 di Pekanbaru.

Minggu, 23 Juli 2017 18:21 WIB
Sahril Ramadana
PEKANBARU, POTRETNEWS.com  - Keluarga merupakan awal mula pembentukan kematangan individu dan struktur kepribadian seorang anak. Anak-anak akan mengikuti dan mencontoh orang tua dengan berbagai kebiasaan dan perilaku. Demikian disampaikan Bupati Siak Syamsuar, usai mengikuti puncak Hari Anak Nasional (HAN) 2017 dihalaman Gedung Daerah Pekanbaru, Minggu (23/7/2017).

Dengan itu, dia juga mengingatkan agar setiap keluarga memberikan perlindungan dan kenyamanan bagi anak. "Baik buruknya keluarga akan menjadi cerminan bagi masa depan anak. Perilaku anak di masa datang sangat ditentukan oleh pola asuh yang diberikan keluarganya dan lingkungan terdekatnya,” kata Syamsuar.

Selain itu menurutnya pemerintah juga harus memberikan ruang dan hak, misalnya dengan melibatkan mereka dalam musyawarah rencana pembangunan (musrenbang). Ini dilakukan agar anak akan mendapatkan ruang untuk mengusulkan pendapatnya.

"Sejak beberapa tahun ini, pemkab Siak selalu mengundang Forum Anak Siak pada musrenbang kabupaten. Anak diberikan kesempatan untuk mengungkapkan pandangan dan pendapat mereka, dengan harapan agar sebuah rencana pembangunan di daerah juga berpihak kepada anak," ujarnya.

Usai acara, bupati juga menyempatkan diri untuk foto bersama dengan Duta Anak asal Siak. Ia berharap anak-anak Siak bisa semakin berprestasi baik dalam dunia pendidikan maupun pembangunan di masa yang akan datang.

Peringatan HAN tahun 2017 ini bertemakan 'Perlindungan Anak Dimulai dari Keluarga'. Dengan pesan khusus 'Saya Anak Indonesia, Saya Gembira'.

Peringatan ini menjadi sangat penting untuk membangkitkan kepedulian dan partisipasi seluruh masyarakat, untuk tetap melaksanakan kewajiban dan tanggung jawabnya dalam menghargai dan menjamin terpenuhinya hak-hak anak.

Puncak peringatan HAN 2017 ini juga dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, didampingi sejumlah Menteri Kabinet Kerja, Gubernur Riau serta Bupati/Walikota se-Indonesia. ***

wwwwww