PotretNews.com Kamis 22 November 2018
Home > Berita > Umum

Fakultas Ekonomi Gelar Lokakarya Kurikulum Berbasis KKNI demi Wujudkan Unilak Unggul 2030

Fakultas Ekonomi Gelar Lokakarya Kurikulum Berbasis KKNI demi Wujudkan Unilak Unggul 2030

Foto bersama usai Lokakarya Kurikulum Berbasis KKNI.

Kamis, 25 Mei 2017 09:45 WIB
Muhamad Maulana
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Fakultas Ekonomi (Fekon), Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru menggelar lokakarya bertema Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dalam Rangka Akselerasi Menuju Unilak Unggul 2030.Lokakarya ini menghadirkan pembicara dari Universitas Padjadjaran Bandung, Prof Dr Hj Nunuy Nur Afiah, SE MSi Ak CA.

Dalam sambutan sebelum membuka lokakarya, Rektor Unilak Dr Hj Hasnati SH MH diwakili oleh Wakil Rektor II Ermina Sari STP MSc mengatakan, perubahan kurikulum merupakan proses yang wajar sesuai dengan kebutuhan teknologi dan kebutuhan pemerintah.

”Mengikuti perubahan tersebut, Unilak telah melakukan berbagai pelatihan, seminar dengan mengundang berbagai narasumber. Ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas menuju Unilak Unggul 2030," kata Ermina Sari di Gedung Pustaka Unilak, Rabu (24/5/2017).

Ads
Sementara itu, Dekan Fekon Unilak Drs Bambang Suroto SE MM mengaku sangat mengharapkan masukan-masukan dalam penyusunan penyempurnaan kurikulum berbasis KKNI tersebut.

"Mudah-mudahan tahun ajaran depan 2017/2018 dapat diaplikasikan. KKNI perlu diaplikasikan untuk menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan. Kurikulum ini mampu meningkatkan kualitas di Fakultas Ekonomi," tuturnya.

Di tempat terpisah, Wakil Rektor I Unilak Dr Junaidi MHum menyatakan bahwa Unilak sangat mendukung lokakarya yang dilaksanakan oleh Fekon.

Menurutnya, lokakarya ini dilaksanakan sebagai salah satu tahapan untuk penyusunan kurikulum yang mengacu kepada KKNI. "Mulai tahun akademik 2017/2018 semua program studi di Unilak akan mengaplikasikan kurikulum yang baru dan KKNI," ucapnya.

Sementara itu, narasumber utama lokakarya, Prof Dr Hj Nunuy Nur Afiah SE MSi Ak CA memberikan masukan kepada Unilak diantaranya untuk melakukan sosialisasi KKNI kepada dosen. Itu diperlukan agar KKNI tidak hanya menjadi tanggung jawab program studi saja.

"Selain itu perlu ada strategi visi dari pimpinan fakultas dan universitas bahwa kurikulum ini disesuaikan dengan visi Unilak Unggul 2030, karena Unilak memiliki ciri khas dari universitas lainnya," urainya setelah terlibat diskusi selama tiga jam. ***

Kategori : Umum, Pekanbaru, Riau
wwwwww