PotretNews.com Minggu 19 Agustus 2018
Home > Berita > Siak

Tak Gubris Permintaan Masyarakat yang Minta Tinjau Ulang Luas Areal Pabrik, Laskar Melayu Rembuk Geruduk PT Indah Kiat Perawang

Tak Gubris Permintaan Masyarakat yang Minta Tinjau Ulang Luas Areal Pabrik, Laskar Melayu Rembuk Geruduk PT Indah Kiat Perawang

Panglima Muda LMR Firdaus yang juga sebagai korlap, menggelar aksinya di halaman pintu utama pabrik PT IKPP Perawang. (foto: istimewa)

Senin, 10 April 2017 18:11 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Laskar Melayu Rembuk (LMR) Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau, melakukan aksi damai di gerbang utama PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Perawang, Senin (10/4/2017) pagi. Aksi damai yang dimulai sekira pukul 09.40 WIB itu, dikawal ketat pihak kepolisian sektor (Polsek) Tualang yang dibantu personel Polres Siak.Massa yang berjumlah ratusan tersebut menuntut pihak perusahaan untuk meninjau ulang limbah yang terindikasi jatuh ke tanah, serta meninjau kembali pembangunan perluasan areal pabrik (ekspansi, red).

"Kita menginginkan agar dinas terkait melakukan peninjauan ulang terkait limbah dan ekspansi perusahaan ini,"pinta Firdaus, selaku kordinator lapangan Laskar Melayu Rembuk (LMR).

Firdaus juga mengaku, PT IKPP Perawang merupakan perusahaan kapitalis yang mencari keuntungan tetapi tidak memikirkan masyarakat yang berdomisili di daerah setempat. "Kami menginginkan kontribusi yang nyata buat masyarakat, selama ini masyarakat tempatan sulit masuk kerja kesini, melainkan 'mata sipit' yang berkuasa," tegasnya.

Ads
Ditempat terpisah, Humas PT IKPP Perawang Armadi mengatakan, terkait tuntutan pendemo mengenai ekspansi perusahaan, pihaknya telah mengacu pada Analisis dampak Lingkungan (Amdal) yang telah disusun dan tentunya melalui pengawasan dari berbagai pihak yang berwenang.

"Kalau berkaitan dengan parit limbah, kita pastikan kontruksinya sudah sesuai ketentuan, adapun berkaitan emisi dan bau secara continue, di internal kita telah melakukan pengecekan secara reguler dan didukung dengan alat continue emision monitoring (CEM). Sementara, di eksternal juga dilakukan pengecekan secara reguler sesuai dengan ketentuan, dan didukung dengan alat online monitoring air ambient,"Jelas Armadi, Senin.

Dia juga meminta masukan dari berbagai pihak, agar pihaknya dapat lebih baik lagi di masa mendatang. "Masukan-masukan yang diberikan kepada kami sangat berarti, untuk lebih baik lagi kedepannya," imbuhnya.

Dari data yang dihimpun koran online potretnews.com di lapangan, Polres Siak menerjunkan 84 personel untuk mengamankan aksi damai yang dimotori oleh Panglima Muda LMR Firdaus yang juga sebagai korlap aksi tersebut. ***

Tour de Siak 2018
wwwwww