PotretNews.com Senin 21 Mei 2018

Rasain! Tim Saber Pungli Ciduk Pelaku Pungli Angkutan Laut di Kepulauan Meranti

Rasain! Tim Saber Pungli Ciduk Pelaku Pungli Angkutan Laut di Kepulauan Meranti

Ilustrasi.

Selasa, 04 April 2017 08:29 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kepolisian Sektor Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau menangkap tangan seorang oknum anak buah kapal atas dugaan melakukan pungli terhadap penumpang.
"Pelaku diduga melakukan pungli terhadap penumpang kapal yang tidak memiliki tiket," kata Kapolres Meranti AKBP Barliansyah, di Pekanbaru, Selasa (4/4/2017).

Berdasarkan laman okezone.com yang dilansir potretnews.com, pelaku berinisial AGW (30) hingga saat ini masih menjalani pemeriksaan intensif setelah diciduk Senin 3 April sore kemarin, sekira pukul 15.45 WIB. Menurut Kapolres, AGW merupakan salah seorang anak buah kapal roll on roll off (roro) KMP Berembang. Kapal tersebut melayani rute antarpulau di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Pengungkapan itu merupakan hasil tindak lanjut polisi terhadap laporan masyarakat yang resah dengan aksi pelaku. Sebelum melakukan penangkapan, polisi terlebih dahulu sempat melakukan penyamaran sejak kemarin. Barliansyah menjelaskan, dalam aksinya AGW kerap memintai penumpang baik yang mengendarai roda empat, roda dua maupun hanya menyeberang tanpa kendaraan, dengan tarif yang tidak sewajarnya.

Seperti pengendara roda empat dimintai tarif sebesar Rp200.000 hingga Rp250.000, kemudian roda dua Rp50.000, dan pribadi sebesar Rp20.000. Pelaku kerap memintai uang kepada penumpang saat kapal telah meninggalkan dermaga dan mulai berlayar. Padahal saat memintai uang pelaku juga tidak memberikan tiket yang seharusnya. "Ini tidak dibenarkan dan melanggar aturan," katanya lagi.

Dalam penangkapan itu petugas menyita barang bukti sebesar Rp300.000. Polisi saat ini masih terus melakukan penyelidikan dan pengembangan untuk mengungkap apakah ada pelaku lainnya yang terlibat dalam aktivitas pungli tersebut. Meranti merupakan kabupaten yang terdiri dari pulau besar dan sejumlah pulau kecil. Kapal menjadi moda transportasi andalan bagi masyarakat yang berada di wilayah pesisir Riau dan berbatasan dengan negeri jiran tersebut. ***

Editor:
Farid Mansyur

Ads
loading...
Kategori : Hukrim, Umum, Meranti, Riau
Pesona Siak
wwwwww