PotretNews.com Jum'at 14 Desember 2018
Home > Berita > Riau

Koleksi Benda Kuno di Museum Sang Nila Utama Riau Raib, Mulai dari Pedang Melayu Sondang, Piring Emas hingga Kendi VOC

Koleksi Benda Kuno di Museum Sang Nila Utama Riau Raib, Mulai dari Pedang Melayu Sondang, Piring Emas hingga Kendi VOC

Museum Daerah Sang Nila Utama.

Selasa, 21 Maret 2017 12:12 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Tujuh benda berharga yang disimpan di Museum Daerah Sang Nila Utama, Pekanbaru Provinsi Riau, tiba-tiba raib. Hal itu baru diketahui setelah petugas kebersihan mendapati benda berharga ini tak lagi berada di tempatnya.Terungkapnya peristiwa ini bermula saat salah seorang petugas kebersihan di museum bernama Ema menemukan sebuah keris Melayu sudah raib dari lemari pajangan di museum tersebut. Dia pun kaget dan melaporkannya.

Pengecekan pun dilakukan oleh pihak pengelola museum. Dari sana terungkap, bahwa tidak hanya Keris Melayu saja yang hilang, melainkan ada tujuh item benda bersejarah lainnya. Kasus ini pun langsung dilaporkan ke Polresta Pekanbaru.

Kepolisian menyebutkan, tujuh benda tersebut antara lain tiga keris Melayu, satu pedang Melayu sondang, satu piring seladon emas, satu kendi VOC dan satu kendi janggut. Jika ditaksir, harga benda tersebut mencapai Rp54 juta lebih.

Ads
"Sudah dicek oleh Kepala Seksi Pengelolaan dan Pengembangan Museum, dari 119 koleksi, terdapat tujuh koleksi yang hilang," ujar Kasubbag Humas Polresta Pekanbaru Ipda Dodi Vivino, Selala (21/3/2017), dilansir potretnews.com dari GoRiau.com.

Adapun Museum Sang Nila Utama ini, berada di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru. Kasus tersebut masih diusut oleh kepolisian. Kuat dugaan, benda bersejarah itu raib lantaran dicuri. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Riau, Pekanbaru, Umum, Hukrim
wwwwww