Waspada… Di Kampar Ada Pencuri Spesialis Waktu Subuh, Beraksi saat Warga Beribadah di Mesjid

Waspada… Di Kampar Ada Pencuri Spesialis Waktu Subuh, Beraksi saat Warga Beribadah di Mesjid

Ilustrasi.

Selasa, 30 Agustus 2016 23:37 WIB
BANGKINANG, POTRETNEWS.com - Maling maupun rampok ternyata sudah semakin pintar mengidentifikasi calon korbannya. Di Kabupaten Kampar Provinsi Riau, misalnya, kejadian tindak kekeraan dan pencurian justru sering terjadi di saat warga Negeri ''Serambi Makkah'' itu, sedang menunaikan Salat Subuh berjemaah di mesjid.
”Kita sudah gelar kegiatan preventif dengan menggelar patroli dini hari (PDH) dan Patroli Subuh Mesjid (PSM). Ini bertujuan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas dan kejahatan dini hari,'' kata Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SIK, Selasa (30/8/2016).

Dikatakan, kegiatan ini sebenarnya bukanlah hal baru di lingkungan Polres Kampar, karena pada hakikatnya pelaksanaan kegiatan-kegiatan preventif seperti ini tetap dilaksanakan setiap saat. Namun sejalan dengan adanya Program Prioritas Kapolri tentang penguatan pemeliharaan kamtibmas, maka Polres Kampar mengadakan langkah-langkah inovatif guna mengapresiasi program prioritas Kapolri tersebut.

''Berdasarkan analisa karakteristik kerawanan daerah, pada waktu dini hari sering terjadi tindak pidana curat (pencurian dengan pemberatan) pada rumah yang ditinggal pemiliknya saat melaksanakan ibadah Salat Subuh di mesjid, serta tindak pidana curanmor saat di parkir di halaman mesjid,'' jelasnya.

Agar masyarakat merasa nyaman dan tidak was-was di saat pergi beribadah pada waktu tersebut, tambahnya, maka personel kepolisian yang berdinas di Polres Kampar serta seluruh Polsek sejak malam hari melakukan kegiatan ini secara kontiniu.

Untuk kegiatan PDH dan PSM pada dini hari tadi Selasa (30/8), khusus untuk Polres Kampar dilaksanakan oleh 22 personel, kegiatan dimulai pada pukul 00.05 WIB sampai 05.30 WIB dengan melakukan Patroli Dialogis Quick Wins dengan sasaran objek vital seperti bank, Lapas, RSUD serta menyambangi beberapa pos kamling dan perkampungan di wilayah kota Bangkinang.

Selanjutnya menjelang waktu pelaksanaan Salat Subuh, personel kepolisian yang bertugas patroli juga menyambangi mesjid dan ikut melaksanakan Salat Subuh bersama jemaah sambil bersilaturahmi dan menyampaikan pesan-pesan kamtibmas. ***

Editor:
Wawan Setiawan

Sumber:
GoRiau.com

Kategori : Hukrim, Kampar
wwwwww