PotretNews.com Senin 20 Agustus 2018
Home > Berita > Umum

Inilah 3 Destinasi Wisata Halal di Riau yang Wajib Dikunjungi

Inilah 3 Destinasi Wisata Halal di Riau yang Wajib Dikunjungi

Ilustrasi/Istana Siak.

Minggu, 19 Maret 2017 08:10 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Destinasi wisata di Riau mungkin masih jarang terdengar di telingan Anda traveller. Namun, kota migas ini tempat yang cukup menarik perhatian, terutama untuk mengenal wisata religi.Sebab, Riau menjadi salah satu kota yang menjadi saksi perkembangan budaya Melayu dan penyebaran agama Islam. Sehingga, bagi Anda yang suka berwisata religi, Riau sangat cocok untuk Anda.
Mau tahu di mana saja? Berikut rekomendasi wisata halal di Riau yang dirangkum okezone.com dan dilansir potretnews.com.

Kompleks Makam Mahrum Pekan
Komplek ini berisikan makam-makam kuno zaman Kesultanan.
Di sana terdapat makam Sultan Muhammad Ali Jalil Muazzam Syah (Sultan ke lima), yang pernah memerintah dari tahun 1780-1782. Sedangkan ada juga pendiri Pekanbaru, Mahrum Pekan yang dikubur di sana.

Mesjid Jami'
Mesjid ini merupakan salah satu mesjid tua yang masih berdiri kokoh sejak dibangun di tahun 1901.Pembangunan masjid dibuat oleh ulama Engku Mudo dengan membentuk panitia pembangunan dengan sebutan Ninik Mamak Nan Dua Belas yaitu Ninik - Mamak yang ada di dalam suku seluruh kampung. Relief bangunannya begitu mengagungkan dan menjadi mesjid unik di Riau.

Ads
Istana Siak
Dan, yang satu ini merupakan bangunan tua yang cukup besar di Riau. Dulunya istana dijadikan tempat tinggal Kesultanan Siak Sri Indrapura. Kerajaan tersebut merupakan kerajaan Melayu Islam yang cukup diperhitungkan di masanya. Sebab, kerajaan ini bisa memperkuat kawasan bahari di mana lokasi seperti Sumatera dan Kalimantan sedang di bawah tekanan Eropa. Oleh sebab itu, kawasan ini jarang disentuh oleh penjajah, dan setelah Proklamasi Kemerdekaan, Sultan Syarif Kasim II menyatakan jika kerajaannya bergabung dengan Indonesia. ***

Editor:
Hanafi Adrian

Kategori : Umum, Kampar, Pekanbaru, Riau, Siak
Tour de Siak 2018
wwwwww