PotretNews.com Sabtu 15 Desember 2018

Cuaca Ekstrem Picu Kenaikan Harga Ikan di Sejumlah Pasar Tradisional di Pekanbaru

Cuaca Ekstrem Picu Kenaikan Harga Ikan di Sejumlah Pasar Tradisional di Pekanbaru

Ilustrasi.

Kamis, 23 Februari 2017 15:15 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Cuaca ekstrem memicu peningkatan harga ikan tangkap di sejumlah pasar tradisional di Kota Pekanbaru, Riau. Peningkatan harga terjadi pada ikan dencis, kembung hingga udang. Bahkan kenaikan harga ikan sudah terjadi selama satu pekan terakhir karena pasokan menipis akibat banyak nelayan tidak melaut.Seperti dilansir potretnews.com dari Radio Republik Indonesia (RRI) via suaramerdeka.com, Kamis (23/2/2017), salah seorang pedagang ikan di Pasar Pusat Pekanbaru, Budi, mengatakan harga ikan Dencis naik menjadi Rp 35 ribu per kg dari sebelumnya Rp 20 ribu -23 ribu per kg. Ikan Kembung menjadi Rp 50 ribu per kg dari Rp 40 ribu per kg, dan ikan merah menjadi Rp 35 ribu per kg dari Rp 22 ribu per kg.

“Sedangkan udang seharga Rp 70.000 sampai Rp 100.000 per kg dan Kerang sudah mencapia Rp 25.000 per kg,” kata Budi.

Senada, Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Mas Irba Sulaiman, mengatakan, stok ikan laut di pusat penjualan ikan mulai langka. Sebagian besar penjual ikan tidak bisa mendapatkan stok ikan laut sehingga berdampak pada melonjaknya harga ikan.

Ads
Diakui, berdasarkan pantauan yang dilakukan Disperindag, hampir seluruh jenis ikan laut naik antara Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu per kilogramnya, bahkan untuk beberapa jenis ikan laut tertentu kenaikan harga bisa mencapai Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu per kg. ***

Editor:
Hanafi Adrian

Kategori : Peristiwa, Umum, Pekanbaru
wwwwww