PotretNews.com Senin 17 Desember 2018
Home > Berita > Riau

”Resah” karena Tamu Masuk Terlalu Bebas, Sekarang Pengamanan Dalam Gedung Wakil Rakyat Provinsi Riau Jadi Berlebihan

”Resah” karena Tamu Masuk Terlalu Bebas, Sekarang Pengamanan Dalam Gedung Wakil Rakyat Provinsi Riau Jadi Berlebihan

Ilustrasi/Demo mahasiswa di Gedung DPRD Provinsi Riau, beberapa waktu lalu. (foto: internet)

Selasa, 14 Februari 2017 22:52 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Mulai pagi tadi Selasa (14/2/2017), ada suasana yang berbeda di Gedung wakil rakyat (DPRD, red) Provinsi Riau. Ada puluhan personel satuan pengamanan (satpam) tampak berjaga di sejumlah sudut ruangan gedung wakil rakyat tersebut. Namun pengamanan ini dinilai terlalu berlebihan, karena terkesan seperti menjaga dari ancaman terorisme dan sabotase atau kondisi genting.Keberadaan para satpam ini adalah proyek pengamanan yang sengaja direkrut melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2016. Sedikitnya sekira 60 anggota satpam untuk berjaga setiap hari mulai dari pintu masuk gedung hingga ke ruang-ruang fraksi dan komisi.

Menanggapi keberadaan satpam tersebut, Ketua DPRD Riau Hj Septina Primawati mengaku merupakan usulan dari beberapa anggota dewan. Hal ini karena selama ini pintu masuk gedung dewan yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, hanya dijaga oleh beberapa Satpol PP, dan itu dinilai terlalu longgar.

"Jadi saya kira ini bertujuan untuk menjaga gedung wakil rakyat sebagai lembaga daerah yang sangat penting. Banyak arsip-arsip dan aset penting ada di sini. Selama ini terlalu longgar," kata Septina, dilansir potretnews.com dari GoRiau.com.

Ads
Septina menyebut, karena longgarnya penjagaan terkadang banyak tamu-tamu masuk tidak terdata dengan baik. Hal ini jadi keluhan kalangan anggota dewan. "Kawan-kawan di dewan mengeluh tamu masuk terlalu bebas, dikhawatirkan terjadi hal tak diinginkan," tutur Septina Primawati.

Namun demikian, terkait berapa jumlah tenaga pengamanan dan juga anggaran, Septina mengaku tidak tahu persis. Karena menurutnya, persoalan itu adalah tanggung jawab kegiatan Sekretaris DPRD. ***

Editor:
Farid Mansyur

Kategori : Riau, Pekanbaru, Umum, Politik
wwwwww