PotretNews.com Sabtu 15 Desember 2018

DPRD Nyatakan Dukung Penuh Aksi Bela Rakyat 121 Badan Eksekutif Mahasiswa se-Riau

DPRD Nyatakan Dukung Penuh Aksi Bela Rakyat 121 Badan Eksekutif Mahasiswa se-Riau

Mahasiswa yang tergabung di BEM se-Riau menyampaikan tuntutan.

Kamis, 12 Januari 2017 12:25 WIB
Ervan
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Aksi unjuk rasa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se Riau dalam rangkaian Aksi Bela Rakyat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Indonesia, mendapat dukungan penuh dari kalangan DPRD Riau. Aksi ini tertuang dalam tuntutan mahasiswa yang digelar di ruang Medium, Gedung Lancang Kuning, Kamis (12/1/2017).Dalam tuntutan, puluhan masiswa tergabung dari BEM Unilak, UIR, STIKES Hang Tuah, STIE Riau dan perwakilan beberapa perguruan tinggi di Riau menyampaikan 5 tuntutan rakyat menuntut kebijakan Pemerintahan di bawah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang dinilai tidak pro-rakyat terkait kenaikan harga barang dan jasa kebutuhan dasar rakyat.

Para mahasiswa juga meminta, agar Jokowi-JK tidak cuci tangan atas efek dari kebijakan yang ditekennya. Berikut lima tuntutan BEM yaitu, pertama, menolak tegas PP Nomor 60 tahun 2016 dan menuntut Presiden Jokowi dan Jusuf Kalla untuk mencabut PP tersebut. Kedua, menuntut Presiden Jokowi-JK untuk membuat kebijakan pro terhadap rakyat.

Ketiga, mengecam keras pemerintah dan jajarannya yang saling cuci tangan dengan kebijakan yang dibuatnya. Keempat, menuntut pemerintah untuk transparansi dan sosialisasi dalam setiap menentukan suatu kebijakan. Kelima, menolak kenaikan tarif listrik golongan 900 VA dan mendesak dikembalikannya subsidi untuk tarif listrik golongan 900 VA.

Ads
Menurut Koordinator BEM se-Riau Andika Rokan, aksi ini sebagai bentuk protes rakyat atas ketidakadilan pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla, yang mengaku sebagai pemerintah dari rakyat dan memperjuangkan wong cilik.

"Aksi ini merupakan reaksi rakyat atas dasar tidak adilnya pemerintah yang berslogan dari rakyat untuk rakyat," kata Andika.

Aksi ini disambut Wakil Ketua DPRD Riau H Sunaryo bersama Manahara Manurung dan beberapa anggota di antaranya H. Mansur HS, Marwan Yohanes dan Ade Hartati Rahmat.

Sunaryo mengatakan, dewan mengapresiasi atas perjuangan para mahasiswa yang masih idealis dan kritis mengkritik kebijakan pemerintah. Dewan sepakat perjuangan ini untuk seluruh rakyat Indonesia.

"Kami memberikan apresiasi dan siap untuk mendukung serta meneruskan tuntutan ini ke saluran lebih tinggi yakni DPR RI dan pemerintah," ucap Sunaryo.

Hal yang sama juga diberikan oleh Marwan Yohanes dan Mansur HS yang mengatakan perjuangan mahasiswa adalah reaksi dari kondisi bangsa saat ini. Di mana rakyat tersakiti atas kebijakan-kebijakan yang tidak pro rakyat.

"Ingatkan hari ini saudara-saudara kawan mahasiswa yang masih tertidur, untuk bangkit berjuang membela kepentingan rakyat dan bangsa ini," tukas Mansur.

Aksi ini hanya berlangsung sekira setengah jam. Setelah menyampaikan tuntutan pada pemerintah RI, mahasiswa se-Riau juga meminta dewan memperjuangkan aspirasi bagi mahasiswa terkait bantuan sosial dan beasiswa.

"Saatnya dewan bisa membuktikan berpihak, merealisasikan perjuangan dana pendidikan bagi mahasiswa daerah ini," ujar Andika Rokan. ***

Editor:
Hanafi Adrian

wwwwww