PotretNews.com Jum'at 14 Desember 2018

Disinyalir Tidak Hanya Buang Limbah Cair PKS ke Sungai Andan, PT Gandaerah Hendana Juga Diduga Timbun Sungai Ukui Pelalawan dengan Tandan Kosong

Disinyalir Tidak Hanya Buang Limbah Cair PKS ke Sungai Andan, PT Gandaerah Hendana Juga Diduga Timbun Sungai Ukui Pelalawan dengan Tandan Kosong

Kondisi Sungai Ukui, dipenuhi tandan kosong buangan dari PT Gandahera Hendana, Selasa (3/1/2017). (foto: istimewa/goriau.com)

Selasa, 03 Januari 2017 19:28 WIB
PANGKALANKERINCI, POTRETNEWS.com – Disinyalir tidak hanya membuang membuang limbah cair hasil pengolahan pabrik kelapa sawit (PKS) ke Sungai Andan. PT Gandaerah Hendana juga diduga membuang tandan kosong kelapa sawit (TKKS) ke Sungai Ukui, Desa Ukui II, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Riau.BERITA TERKAIT:

. Ups! PT Gandahera Hendana Kepergok Buang Limbah Cair PKS ke Sungai Andan Ukui Pelalawan

"Sungai Ukui sudah dijadikan tempat pembuangan tandan kosong (tankos) dari PKS PT Gandaerah Hendana," kata Ketua Aliansi Masyarakat Ukui Dua (Amuda), Arry, sebagaimana dikutip potretnews.com dari GoRiau.com terbitan Selasa (3/1/2017).

Ads
Menurut Arry, kondisi tersebut telah lama berlangsung terjadi Sungai Ukui dipenuhi oleh Tankos hasil sisa olahan PKS PT Gandaerah Hendana. "Ini memang sudah lama terjadi. Kalau diukur, Sungai Ukui yang dipenuhi oleh Tankos ini panjangnya kurang lebih 1 KM," sebutnya.

Dikatakan Arry, akibatnya ekosistem Sungai Ukui rusak. Bahkan keberadaan Sungai Ukui bisa dipastikan akan hilang karena tertimbun oleh tankos. "Kita minta, pihak perusahaan mengembalikan Sungai Ukui seperti sedia kala. Perusahaan harus bertanggungjawab, dalam hal ini," ujar dia.

Sebelumnya, Masyarakat pergoki PT Gandaerah Hendana membuang limbah cair pengolahan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) ke Sungai Andan, Kecamatan Ukui, Senin (2/1/2016) kemarin. Untuk kesekian kalinya Sungai Andan diduga mencemari sungai itu dengan limbah PKS. ***

Editor:
Hanafi Adrian

wwwwww