PotretNews.com Rabu 19 Desember 2018
Home > Berita > Riau

Duplikat Jembatan Leighton (Siak) II di Pekanbaru Diestimasi Berumur 100 Tahun

Duplikat Jembatan Leighton (Siak) II di Pekanbaru Diestimasi Berumur 100 Tahun

Gambar duplikat Jembatan Leighton (Siak II) di Pekanbaru.

Selasa, 27 Desember 2016 09:39 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Hingga akhir 2016 ini pihak Satuan Kerja (Satker) APBN komit menyelesaikan pekerjaan pembangunan duplikasi jembatan Siak II, Pekanbaru hingga 15 persen. Pembangunan yang direncanakan rampung 2018 mendatang, akan menjadi bagian dari tambahan infrastruktur penguatan jembatan Siak II yang sudah ada.Kekuatan bangunan jembatan yang di duplikat tersebut berusia hingga 100 tahun. Demikian diungkapkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 03 Duri-Pekanbaru Satker Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Wilayah 1 Provinsi Riau Aldino Herupriawan ST MT.

Menurutnya pekerjaan duplikasi jembatan dilaksanakan mengingat usia jembatan yang dilewati kendaraan bertonase berat tersebut perlu perawatan.

"Dengan pembangunan duplikasi, maka bisa membagi tekanan terhadap jembatan Siak II. Kita estimasikan jembatan baru nanti berusia 100 tahun," kata Aldino seperti dikutip potretnews.com dari indopos.co.id via Riau Pos.

Memang nantinya, masyarakat Riau khususnya Pekanbaru yang akan melintas di Jalan Arengka II melewati Jembatan Siak II nantinya akan melalui satu jalur saja. Duplikasi jembatan Siak II disiapkan sepanjang 200 Meter dengan estimasi pekerjaan hingga tuntas pada 2018 mendatang.

Proyek yang menyedot dana mencapai Rp86 Miliar tersebut dikerjakan Satuan Kerja (Satketr APBN Wilayah Riau Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pekerjaan untuk membuat duplikasi jembatan Siak II tersebut sudah mulai dilaksanakan selama satu bulan terakhir setelah lahan tuntas dibebaskan.

"Hingga tutup 2016 ini Insya Allah sudah mencapai 15 persen pekerjaan. Sudah dimulai dan dikerjakan," imbuhya.

Dijelaskan Dino sapaan akrabnya kepada Riau Pos, sekarang pihaknya sudah melaksanakan tahap pemancangan di lapangan. Mulai tiang pancang untuk fondasi, penimbunan di oprit jembatan, kemudian juga sudah dilakukan pemindahan utilitas listrik dan kabel fiber optik, berikut galian saluran.

Adapun konstruksi pembangunan duplikasi jembatan Siak II ini menggunakan box girder cantilever. Jembatan akan dibangun sepanjang 200 Meter, dengan lebar bahu 1 Meter dan 1,5 Meter. Sementara lebar jembatan secara keseluruhan 7,6 Meter. Ditambah jalur transisi 600 meter.

"Kita juga buat lancdscape taman di Siak II. Diharapkan bisa mendukung kondisi jembatan lama agar mengurai kendaraan yang melintas," terangnya. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Kategori : Riau, Pekanbaru, Umum
wwwwww