PotretNews.com Rabu 19 September 2018
Home > Berita > Riau

Upps! Latah, Gubernur Riau ”Ikut-ikutan” Bentuk Tim Restorasi Gambut

Upps! Latah, Gubernur Riau ”Ikut-ikutan” Bentuk Tim Restorasi Gambut

Ilustrasi/Lahan gambut.

Jum'at, 16 Desember 2016 11:08 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman mulai latah dan ikut-ikutan. Pasalnya, meski aturannya tidak ada, Pemprov Riau juga membentuk Tim Restorasi Gambut yang nantinya akan didanai melalui APBD Provinsi Riau.Jika Badan Restorasi Gambut dibentuk secara resmi lewat Peraturan Presiden No 1 Tahun 2016 tentang Badan Restorasi Gambut, Tim Restorasi Gambut justru tidak mengacu kepada perundang-undangan yang lebih tinggi.

Selain itu, sesuai dengan Peraturan Presiden No 1 tahun 2016 tersebut, Gubernur Riau juga masuk sebagai Tim Pengarah Teknis bersama dengan Gubernur Provinsi Jambi, Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah, Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan dan Gubernur Provinsi Papua.

''Provinsi Riau juga sudah membentuk Tim Restorasi Gambut yang bekerja sama dengan BRG dan berkantor di kantor gubernur. Kami harapkan transfer teknologi sehingga kader-kader muda aparat sipil yanga ada di Riau bisa ikut lansung mengikuti perkembangan apa yang dilakukan BRG," papar Arsyadjuliandi Rachman pada acara Simposium Lahan Gambut Internasional Tahun 2016 di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (15/12/2016).

Ads
Dalam paparannya, sebagaimana dikutip potretnews.com dari GoRiau.com terbitan Jumat, 16 Desember 2016 09:40 WIB, gubernur yang akrab disapa Andi Rachman menyatakan Provinsi Riau berkomitmen bekerja sama mendukung restorasi gambut karena mayoritas lahan di daerah ini terdiri atau sekitar 56,42 persen merupakan lahan gambut.

"Kami menyambut baik penyempurnaaan regulasi dan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah pusat sebagai terobosan baru untuk perlindungan dan pengelolaan ekosistem gambut. Harapannya, penguatan regulasi ini dapat memberi dorongan bagi daerah untuk bersama-sama melakukan upaya restorasi lahan gambut," kata Gubernur Andi Rachman.

Saat ini, Pemprov Riau sudah membangun kerja sama dengan semua lintas sektor baik itu dinas maupun badan maupun dan lainnya baik dalam hal kewenangan maupun anggaran. Selain itu, menurut Andi Rachman, ke depan Pemprov Riau juga akan membentuk Unit Pelayanan Teknis (UPT) restorasi gambut yang fokus menangani masalah gambut. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Kategori : Riau, Umum, Pemerintahan
Tour de Siak 2018
wwwwww