Penyu Raksasa Berusia Setengah Abad dari Rohil Jadi Tontonan Warga di Pekanbaru

Penyu Raksasa Berusia Setengah Abad dari Rohil Jadi Tontonan Warga di Pekanbaru

Ilustrasi/Penyu raksasa.

Selasa, 11 Oktober 2016 05:46 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Dari belasan stand bazar MTQ Provinsi XXXV Provinsi Riau yang tampil di halaman Mesjid Agung An Nur di Pekanbaru, pengunjung tampak sangat tertarik dengan stan bazar dari Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Hal ini terlihat dari banyaknya pengunjung yang datang ke bazar Negeri Seribu Suluk tersebut, Minggu (9/10/2016). Ramainya kunjungan ke stan tersebut dikarenakan stand tersebut mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan dengan stan lain. Di depan stand tersebut, Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) memajang seekor penyu hijau (chelonia mydas) yang sangat unik.

Saking uniknya penyu hijau tersebut, para pengunjung pun berebutan untuk melihatnya. Tak hanya dari kalangan anak-anak saja, tapi kalangan tua yang kebetulan melintas di depan Stand bazar Rohil tersebut penasaran dan menghentikan langkahnya untuk melihat sejenak keindahan dan keunikan binatang yang tidak ada di kabupaten lain di Provinsi Riau ini.

Bahkan demi mengabadikan moment berharga dengan hewan langka tersebut, setiap pengunjung yang datang selalu menyempatkan diri untuk berselfie dengan penyu yang diperkirakan sudah berusia setengah abad tersebut.

Dari catatan yang tertera di kolam penyu depan stand itu, diketahui penyu betina berukuran besar tersebut memiliki berat 100 kilogram. Penyu tersebut memiliki habitat di lokasi wisata Pulau Jemur Kabupaten Pasir Limaulapas.

‎Bukan hanya itu, seperti dilansir dari riau24.com, di sisi kanan stan tersebut juga dipamerkan ubi gajah (manihat esculenta crantz) dan beberapa hasil pertanian lain seperti sawit, jagung, kelapa, keladi, pisang, jelok asam kelubi dan beberpa bibit pertanian.

Di bagian dalam stan, panitia juga memamerkan hasil kerajinan tangan dan hasil UMKM binaan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohil. Di antaranya, oleh-oleh khas Rohil seperti kacang pukul, keripik pisang, mie tunas, kerupuk udang, tenun songket, ikan asin lomek belalah, terasi, ebi udang tiger ‎dan lainnya.

Stan Rohil Diminati Pengunjung
Saat kedatangan Gubernur Riau Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA dan Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus ke stan tersebut, Bupati Rohil H Suyatno langsung memperkenalkan satu persatu produk daerah yang dipimpinnya tersebut. Sambil berbincang-bincang, tak lupa gubernur mencicipi masakan dan minuman khas Rohil yang terkenal sangat nikmat.

Kepada awak media Bupati Suyatno mengucapkan rasa terima kasih kepada Panitia MTQ Kafilah Rohil yang telah bekerja keras ikut menyukseskan acara tersebut hingga sore hari kedatangan gubernur, dan undangan lainnya.

"Kalau dilihat, stan kita (Rohil) tidak kalah menarik dibanding stand MTQ kabupaten dan kota lainnya. Saya optimis, kita bisa mendapatkan juara umum," ujarnya. ‎ ***

Editor:
Wawan Setiawan

wwwwww