Waduh… Jam 7 Tadi Wilayah Pekanbaru Berkabut, Jarak Pandang Cuma 300 Meter

Waduh… Jam 7 Tadi Wilayah Pekanbaru Berkabut, Jarak Pandang Cuma 300 Meter

Ilustrasi.

Jum'at, 02 September 2016 11:27 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, fog atau kabut mengandung butiran air selimuti wilayah ibu kota Provinsi Riau yakni Pekanbaru, sehingga mengakibatkan jarak pandang menjadi terbatas cuma 300 meter. "Pukul 07.00 (WIB) pagi ini, dilaporkan jarak pandang cuma 300 meter di Pekanbaru. Tetapi bukan kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan di Riau," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru Slamet Riyadi di Pekanbaru, Jumat (2/9/2016).

Kabut di ibu kota provinsi ini terjadi setelah hujan berlangsung selama hampir empat jam pada siang, sore dan malam hari disertai kelembaban udara minimal berkisar 50 sampai 60 persen.

Dia berujar, kabut tebal berwarna putih atau disebut juga embun karena mengandung butiran-butiran air yang lebih banyak dan proses terjadi pembentukan pada malam dan dini hari.

Fog ini berada sangat dekat permukaan tanah karena berkondensasi dan menjadi lebih mirip awan berwarna putih dengan kelembaban udara berada di bawah rata-rata atau mendukung.

Selain di Pekanbaru, wilayah lain di Riau dengan jarak pandang terganggu yakni di Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu 500 meter. Sementara di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan lima kilometer dan Dumai tujuh kilometer.

"Jarak pandang memang jadi terbatas, tapi fog ini hanya bersifat sementara. Adanya sinar matahari akan sebabkan terjadi penguapan uap air, sehingga semakin siang, maka keadaan semakin terang dan membaik," katanya. ***

Editor:
Wawan Setiawan

Sumber:
Tribunpekanbaru.com

wwwwww