Home > Berita > Rohil

Bupati Suyatno Berbagi Cerita soal Menurunnya APBD Rohil Tahun 2017 kepada Warganya di Pekanbaru

Bupati Suyatno Berbagi Cerita soal Menurunnya APBD Rohil Tahun 2017 kepada Warganya di Pekanbaru

Jemaah calon haji yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Masyarakat Rokan Hilir (IKM Rohil) Pekanbaru foto bersama dengan Gubernur Riau dan Bupati Rokan Hilir, beberapa waktu lalu.

Jum'at, 02 September 2016 06:28 WIB
Jaka Abdillah
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com – Menurunnya APBD Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Provinsi Riau tahun 2017 beserta dampak yang ditimbulkan diceritakan Sang Bupati H Suyatno AMP kepada warganya. Tatkala menghadiri undangan halalbihalal Ikatan Keluarga Masyarakat Rokan Hilir (IKM Rohil) Pekanbaru sekaligus melepas jemaah calon haji 1436 H/2016 M, Suyatno juga mengemukakan hal itu.

Bahkan dia meminta kepada seluruh tokoh masyarakat yang tergabung dalam Ikrohil agar membantu pemerintah memberikan gagasan dan pikiran agar bisa keluar dari kesulitan ini demi kemajuan daerah.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/05092016/potretnewscom_aq8vf_557.jpg
Suasana pelepasan jemaah calon haji yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Masyarakat Rokan Hilir (IKM Rohil) Pekanbaru yang disaksikan Gubernur Riau dan Bupati Rokan Hilir, beberapa waktu lalu.

''Saya mengharapkan, IKM Rohil Pekanbaru tetap solid. Hingga saat ini, kita masih menunggu pengukuhan Ikrohil Duri yang masih belum menetapkan kepengurusan. Untuk Bengkalis dan Batam kita juga akan kukuhkan. Semoga setelah semua dilantik, seluruh masyarakat Rohil yang berada diluar daerah mau bersatu memajukan negeri,'' kata Suyatno.

Bupati mengungkapkan, kondisi keuangan Rohil yang mengalami defisit telah menyebabkan berkurangnya mata anggaran pembangunan. Apalagi tahun 2017 nanti, APBD Rohil akan mengalami penurunan yang cukup drastis menjadi Rp 1,2 triliun.

''Coba bayangkan, anggaran belanja rutin aja mencapai 800 miliar. Sedangkan sisanya digunakan untuk pembangunan. Apa yang bisa kita lakukan lagi?'' tuturnya.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/05092016/potretnewscom_qlvvj_558.jpg
Bupati Rokan Hilir H Suyatno (pakai peci) menghadiri silaturahmi dengan Ikatan Keluarga Masyarakat Rokan Hilir (IKM Rohil) Kota Dumai, beberapa waktu lalu.

Supaya tidak terpuruk dalam keuangan yang instabil, pemerintah berupaya untuk belajar ke daerah Jawa Timur bagaimana cara mengelola Blok Cepu yang merupakan cadangan minyak terbaru di Kabupaten Bojonegoro, sama halnya dengan yang ada di Rohil seperti di Balam dan Rantaubais.

''Di Rokan Hilir ada 52 sumur minyak tua yang akan kita eksploitasi,'' ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Riau Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA dalam acara halalbihalal Ikrohil mengatakan, pemprov akan senantiasa membantu pembangunan Rohil melalui APBD Provinsi. Apalagi anggaran untuk membuat jalan dari Jembatan Pedamaran II menuju Kubu dan Panipahan menelan dana cukup besar.

''Sedapat mungkin jalan tersebut ditimbun dan dirigid lalu di aspal,'' kata gubernur. Acara halal bi halal juga diisi dengan pengukuhan Ketua IKM Rohil yang diketuai oleh Asri Auzar. (adv)

wwwwww