Home > Berita > Umum

Tambah Kapasitas Parkir, Apron Bandara Sultan Syarif Kasim II Diperluas

Tambah Kapasitas Parkir, Apron Bandara Sultan Syarif Kasim II Diperluas

AirNav Indonesia tengah menyelesaikan pembangunan tower Air Traffic Controller (ATC) di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, Riau.

Sabtu, 20 Agustus 2016 20:25 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru bakal memperluas apron atau pelataran pesawat untuk menambah kapasitas parkir pesawat di sana. General Manager Bandara Sultan Syarif Kasim II, Jaya Tahoma Sirait mengatakan, bandara tersebut kini memiliki luas lahan sekitar 159 hektar.

"Nanti akan ditambah 80 hektar menjadi 239 hektar. Kapasitas parkir pesawat nanti juga akan meningkat dari delapan pesawattipe 737 menjadi 12 pesawat, " kata Jaya.

Ia menambahkan, perluasan apron nantinya juga akan menambah jumlah pergerakan pesawat di sana per harinya. "Pergerakan pesawat take off dan landing per hari di sini ada 80 sampai 90 flight. Mungkin nantinya bisa bertambah," kata Jaya.

Ke depannya, kata Jaya, Bandara Sultan Syarif Kasim II juga direncanakan me jadi bandara embarkasi haji. "Jadi jamaah haji tidak perlu ke Batam terlebih dahulu. Sekarang ini masih proses," katanya.

Untuk diketahui, Bandara Sultan Syarif Kasim II bukan hanya digunakan sebagai penerbangan komersil, tapi juga penerbangan militer.

"Sekarang ini sedang diwacanakan untuk ada yang pindah, antara pihak AU, atau kami. Karena kalau masih dipakai untuk dua kepentingan seperti sekarang, bandara ini belum tentu bisa menampung jumlah penumpang yang terus meningkat pada lima sampai 15 tahun mendatang, " kata Jaya.

Menurut Jaya, rencana ini masih sekadar wacana, dan belum ada langkah apapun. "Kalau memang harus pindah, artinya kan harus cari lahan baru untuk pembangunan bandara. Tapi ini masih omongan saja," ujarnya. ***

Editor:
Wawan Setiawan

Sumber:
Wartakota

Kategori : Umum, Pekanbaru
wwwwww