Riau Harus Berani Tampil Beda Tampilkan Produk Pariwisata

Riau Harus Berani Tampil Beda Tampilkan Produk Pariwisata

Riyono Gede Trisongko menjadi narasumber sebuah seminar, belum lama ini.

Jum'at, 05 Agustus 2016 12:15 WIB
Mukhlis Wijaya
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Keunikan dan kreativitas menjadi modal utama dalam meningkatkan daya saing obyek wisata di Provinsi Riau. Selain itu, yang terpenting adalah membangun nilai (value) karakter produk pariwisata sebagai pembeda (differentiation) dengan yang lain. Dalam perbincangan khusus dengan potretnews.com di kantornya Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru, Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Lancang Kuning Nusantara (PLKN) Provinsi Riau Drs Riyono Gede Trisongko MM menyatakan, untuk mengembangkan pariwisata wajib melakukan inovasi yang tidak sama dengan daerah lain.

"Kita harus tampil beda untuk menampilkan produk pariwisata dan gagasan ini pernah saya sampaikan di Seminar ’Value dalam Karakter Produk Pariwisata Pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) 2016’ belum lama ini," beber Riyono.

Dia menyebut, pada pelatihan yang didominasi oleh para pemandu wisata senior se-provinsi Riau diperoleh kesimpulan bahwa keberhasilan membangun destinasi pariwisata juga mempengaruhi jenis produk yang ditawarkan.

Riyono berpendapat, destnasi yang apik dan memiliki daya tarik akan menyakinkan wisatawan lokal maupun luar, sehingga secara konsep akan membentuk customization (strategi merespon permintaan costumer, red) dengan mengubah commodity menjadi good service (pelayanan baik) dan hingga menjadi sebuah experience (pengalaman).

"Saya rasa intinya adalah pemahaman tentang nilai sebuah produk wisata akan menentukan kulitas daya tarik, daya ungkit, wisata itu sendiri," ujar Riyono. ***

Kategori : Pekanbaru, Umum, Peristiwa
wwwwww