WASPADALAH! Begini Cara Mudah Bedakan Serum Palsu dan yang Asli

WASPADALAH! Begini Cara Mudah Bedakan Serum Palsu dan yang Asli

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Tonny Hermawan R SIK perlihatkan serum asli dan yang palsu saat ekspos di Mapolresta Pekanbaru

Kamis, 04 Agustus 2016 11:21 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Terungkapnya peredaran serum anti tetanus dan anti bisa ular palsu, menjadi perhatian khusus Polresta Pekanbaru. Agar masyarakat Kota Pekanbaru, Provinsi Riau tidak terkecoh, ada beberapa perbedaan mencolok dari segi fisik serum asli dan yang palsu.

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Tonny Hermawan R SIK, Kamis (4/8/2016) mengatakan, perbedaan serum asli dan palsu yang paling jelas dari harganya. Untuk satu ampul serum palsu, dijual seharga Rp60 sampai Rp70 ribu. "Sedangkan yang aslinya seharga Rp160 ribu per ampulnya," kata Tonny.

"Bagi masyarakat awam, dapat membedakan antara serum palsu dengan yang asli dari warna kotaknya. Untuk serum asli, kotaknya berwarna hijau terang, sedangkan yang palsu, kotaknya berwarna hijau gelap," sambungnya.

Kapolresta menuturkan, selain itu, dari bentuk ampul yang asli dan palsu juga memiliki perbedaan yang cukup mencolok. "Untuk serum asli, warna ampul lebih keruh, sedangka serum palsu memiliki warna ampul bening dan jernih," tukasnya.

Ditambahkannya, untuk di Kota Pekanbaru saat ini yang terbukti ditemukan hanya serum palsu. Sementara vaksin palsu tidak ditemukan. "Yang kita temukan ini serum anti bisa ular dan anti tetanus palsu, bukan vaksin," tegasnya.***


editor: wawan s
sumber: GoRiau.com

Kategori : Pekanbaru, Hukrim
wwwwww