PotretNews.com Rabu 17 Oktober 2018

Waduh, Oknum Pegawai UPTD Disdukcapil Rumbai Pesisir Diduga Lakukan Pungli yang Diketahui Atasannya

Waduh, Oknum Pegawai UPTD Disdukcapil Rumbai Pesisir Diduga Lakukan Pungli yang Diketahui Atasannya

Surat tanda terima pengurusan akte.

Rabu, 03 Agustus 2016 21:48 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Warga Rumbai Pesisir resah dengan adanya pungutan liar (pungli) yang diduga dilakukan oleh oknum Pegawai UPTD Disdukcapil di Kantor Camat Rumbai Pesisir, Pekanbaru Provinsi RIau. Modus si oknum adalah meminta ”biaya ekstra” saat pembuatan akte kelahiran.Seperti dialami Rinal Imsal (29), salah seorang warga yang pada Rabu (3/8/2016), berniat mengurus akte kelahiran anaknya di UPTD tersebut. Setelah membayar sesuai biaya yang tertera di tanda terima pengurusan akte kelahiran, oknum pegawai wanita tersebut masih meminta biaya lain senilai Rp10.000.

"Kok ada lagi uang tambahannya? Sementara uang pengurusan sudah dibayar. Ini uang apa lagi bu," tanya Rinal kepada oknum tersebut saat itu, Rabu (3/8/2016).

Diduga kuat, pungli ini diberlakukan juga oleh sang oknum kepada warga lainnya yang berurusan ke UPTD ini.

Ads
Namun saat ditanya kembali tentang uang tambahan tersebut, oknum inisial M itu malah bungkam kepada korban. Dia tak bersedia menerangkan.

Saat hal ini dikonfirmasi, Kepada Kepala UPTD Disdukcapil, Harmadi Setiawan, tak menampik hal tersebut. Tapi dia berjanji hal ini tak akan terulang lagi.

"Beliau (M, red) merupakan oknum pegawai Disdukcapil, " ungkap Harmadi, Rabu (3/8/2016).

Lebih lanjut, dia mengakui kesalahan oknum pegawainya itu, yang telah melakulan pungli. Sementara dalam peraturannya pengurusan tersebut sudah memenuhi standar.

"Besok-besok kesalahan ini tak akan terulang kembali, " tegas Harmadi. ***

Editor:
Mukhlis

Sumber:
Halloriau.com

Kategori : Pekanbaru, Umum, Peristiwa
wwwwww