Ditipu Kenalan via Facebook, Dosen Wanita di Pekanbaru Kehilangan Rp126 Juta

Ditipu Kenalan via Facebook, Dosen Wanita di Pekanbaru Kehilangan Rp126 Juta

Ilustrasi.

Kamis, 23 Juni 2016 20:35 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Riau, Evawani Elysa Lubis (46), menjadi korban penipuan. Duit Rp 126 juta miliknya lenyap dibawa kabur. Warga Jalan Melati Indah, Perumahan Resty Graha Lestari, Kelurahan Delima, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru itu mengaku ditipu kenalannya di Facebook, Richar Munan. Modusnya adalah dia pura-pura ditangkap petugas bandara karena membawa uang dalam jumlah banyak.

Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo mengatakan, Richar mengaku sebagai warga negara Inggris datang ke Indonesia dalam rangka berlibur.

"Namun, setiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta, terlapor (Richar) mengaku ditangkap pihak bandara karena membawa uang dalam jumlah yang banyak," ujar Guntur, di Mapolda Riau, Kamis (23/6).

Entah benar ditangkap atau tidak, Richar lantas menghubungi Eva supaya mau menjadi penjamin atas kedatangannya ke Indonesia. Selain itu, Richar meminta Eva mengirimkan uang Rp 126 juta buat mengurusnya kepada pihak bandara.

"Namun terlapor (Richar) meminta uang Rp 126 juta itu ke rekening yang berbeda. Karena percaya, korban pun mengirimkannya," ujar Guntur.

Setelah ditunggu-tunggu, Eva tak kunjung mendapatkan uang dipinjamkannya kepada Richar. Padahal, awalnya Richar mengaku ditangkap pihak Bandara Soekarno-Hatta lantaran membawa uang dalam jumlah banyak.

Sadar menjadi korban penipuan, Eva akhirnya melaporkan kejadian dialaminya ke SPKT Polda Riau pada Selasa (21/6/2016). Kepada polisi, Eva memberikan bukti-bukti transfer melalui Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Kota Pekanbaru.

"Laporan korban sudah kita terima. Petugas juga sudah memintai keterangan korban. Saat ini kasusnya masih kita pelajari untuk selanjutnya kita tindaklanjuti," ujar Guntur. ***

Editor:
Farid Mansyur

Sumber:
Merdeka.com

Kategori : Pekanbaru, Hukrim
wwwwww