Home > Berita > Siak

Safari Ramadan ala Petinggi Kampung Perawang Barat, Cara Sederhana Pemimpin Menyapa Rakyat

Safari Ramadan ala Petinggi Kampung Perawang Barat, Cara Sederhana Pemimpin Menyapa Rakyat

Penghulu Perawang Barat Faisal SHI (kiri) menyerahkan bantuan kepada salah seorang pengurus mesjid dalam rangkaian Safari Ramadan 1437 H.

Kamis, 16 Juni 2016 15:26 WIB
Halim
SIAK, POTRETNEWS.com - Kampung Perawang Barat, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak setiap tahun menggelar Safari Ramadan. Kegiatan yang diikuti penghulu dan unsur pimpinan desa (upides) ini bertujuan menjalin silaturahmi, kebersamaan antara pemimpin dan rakyat. Pada tahun 1437 H/2016 M ini, Safari Ramadan Kampung Perawang Barat menyasar empat titik musala dan mesjid. Setiap tempat yang dikunjungi digelar acara buka puasa bersama, penyerahan bantuan, tausiah, Salat Tarawih dan Witir berjemaah.

Penghulu Perawang Barat Faisal SHI mengatakan, Safari Ramadan merupakan agenda tahunan setiap bulan suci Ramadan. Rombongan tim safari terdiri dari penghulu, Bapekam, LPMK, kadus, P3N dan upides. Adapun sasaran kunjungan ke mesjid dan musala yang belum dikunjungi Ramadan tahun sebelumnya.

"Saat berkunjung, kegiatan kita antara lain buka puasa bersama dengan jemaah setempat. Suasana berbuka terasa bermakna, tak ada pembatas antara pemerintah kampung dengan masyarakat. Kemudian, malam dilanjutkan dengan tausiah dan Tarawih," sebut Faisal ditemui, Kamis (15/06/2016).

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/16062016/potretnewscom_vvq9m_445.jpg
Suasana buka puasa bersama di teras salah satu mesjid di Kampung Perawang Barat.

Dikatakan, tim safari didampingi seorang ustadz, untuk memberikan pencerahan agama kepada jemaah. Kemudian, upides juga memberikan bantuan berupa uang dan Alquran kepada mesjid atau musala yang dikunjungi. "Momen itu, kita juga menyampaikan informasi pembangunaan dan menyerap aspirasi masyarakat setempat," imbuh dia.

Kedatangan Tim Safari Ramadan Kampung Perawang Barat, mendapat sambutan antusias dari jemaah mesjid dan musala. Di Mesji Babussalam jalan raya Km 7 Perawang, misalnya. Para jemaah bergotong royong memasak makanan dan minuman untuk disajikan menu berbuka bersama dengan tim safari.

Selain ajang bersilaturahmi dan merajut kebersamaan, jemaah juga memanfaatkan momen sekali setahun ini menyampaikan aspirasi pembangunan. Aspirasi itu, tidak hanya soal pembangunan mesjid, musala dan MDTA, tetapi juga infrastruktur di permukiman masyarakat.

	https://www.potretnews.com/assets/imgbank/16062016/potretnewscom_9ypzk_446.jpg
Wakil Bupati Siak Alfedri didampingi Penghulu Perawang Barat Faisal SHI menyerahkan bantuan kepada Pengurus Mesjid Babussalam saat Safari Ramadan Kampung Perawang Barat.

"Terima kasih atas kunjungan Tim Safari Ramadhan Perawang Barat. Ini merupakan kebanggaan bagi kami, mudah-mudahan kebersamaan seperti ini terus dipertahankan tidak hanya di bulan Ramadan. Pada kesempatan ini kami selaku warga, menyampaikan mesjid dan MDA perlu perbaikan, kemudian jalan pemukiman warga masih tanah, butuh perhatian pemerintah," tutur Yusrial, Ketua RT 05 Dusun Perawang Indah juga Ketua Mesjid Babussalam, salah satu titik yang dikunjungi Tim Safari Ramadan Kampung Perawang Barat.

Mesjid dan musala lainnya yang dikunjungi Tim Safari Ramadhan Kampung Perawang Barat yakni; Musala Al Anshor Vila Perawang Indah, Musala Rasidu Akbar Villa Perawang Indah IV, dan Mesjid Al Mukmini Jalan Raya Km 15. ***

Kategori : Siak, Umum
wwwwww