PotretNews.com Sabtu 28 Maret 2020
Home >  Berita >  Umum

Ini 5 Cara Ajarkan Pengelolaan Keuangan Sederhana Untuk Anak-anak

Ini 5 Cara Ajarkan Pengelolaan Keuangan Sederhana Untuk Anak-anak
Rabu, 15 Juni 2016 14:52 WIB

SEBAGAI orang tua, kita tentu menginginkan pendidikan yang terbaik bagi sang buah hati. Namun pendidikan terbaik itu tak selalu datang dari lembaga pendidikan formal seperti sekolah namun sebaik-baiknya pendidikan adalah yang disampaikan dari orang tuanya sendiri. Meski usia sang buah hati masih kecil, ada baiknya jika mereka diajarkan pendidikan pengelolaan keuangan sedari dini. Sebab kebiasaan yang diajarkan semenjak kecil akan dipraktekkan hingga dewasa nanti.

Keterampilan dan pengetahuan soal pengelolaan keuangan tentu akan sangat bermanfaat bagi kehidupannya kelak setelah dewasa. Anda tak perlu mengajari mereka teori-teori keuangan yang rumit dan sulit dimengerti. Cukup dengan memberikan praktek pengelolaan keuangan seperti menabung, berhemat dan mengajarkannya bisnis sederhana seperti usaha rumahan.  Berikut beberapa poin pengelolaan keuangan yang perlu Anda ajarkan kepada anak-anak di rumah.

Menabung di Celengan

Pelajaran pertama yang harus diajarkan kepada anak-anak untuk dapat menabung adalah dengan membelikannya sebuah celengan dengan karakter yang mereka senangi sehingga mereka tertarik untuk menabung di celengan tersebut. Selain itu ajarkan juga konsep pendapatan sederhana dengan memberikan mereka reward atas pekerjaan yang mereka selesaikan seperti mencuci sepatunya sendiri atau merapikan kamar tidurnya sendiri. Baca juga: 5 Usaha Rumahan Kreatif Minim Modal yang Bisa Dilakukan Mahasiswa

Semisal setiap kali ia melakukan pekerjaan-pekerjaan tersebut Anda memberikannya upah sebesar Rp 10 ribu, maka jika ia melakukannya sebanyak 4 kali seminggu artinya ia akan mendapatkan Rp 160 ribu dalam sebulan. Jika ada mainan atau barang yang ia ingin beli, jangan langsung menuruti permintaannya namun ajarkan ia menabung dan berusaha membelinya sendiri. Misal harga mainan dan barang yg ingin dibeli sebesar Rp 500 ribu, artinya ia harus menabung selama tiga setengah bulan untuk mendapatkan apa yang ia inginkan.

Ajari Hidup Hemat

Berhemat dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mematikan lampu kamar tidur setelah selesai belajar atau dengan mematikan keran air ketika selesai mandi atau mencuci tangan. Hal ini akan menumbuhkan cara hidup hemat yang akan berguna ketika dewasa nanti.

Reward & Punishment

Reward & Punishment bukan bertujuan agar anak tunduk dan takut kepada orangtuanya melainkan agar dijadikan motivasi bagi mereka untuk selalu meraih prestasi terbaik. Berikanlah mereka imbalan atas pencapaian prestasinya di sekolah dan mendapatkan hukuman jika tak dapat mempertahankan prestasinya. Tekankan juga imbalan yang mereka dapatkan harus ditabung.

Ajari Pencatatan Kas Sederhana

Beri mereka pelajaran sederhana mengenai alur pemasukan dan pengeluaran. Ajarkan mereka untuk mencatat pemasukan yang diberikan Anda sebagai orang tua dan pengeluaran apa saja yang digunakan untuk jajan maupun membeli mainan di buku khusus. Beritahukan juga bahwa upah yang mereka dapat dari kegiatan membereskan kamarnya sendiri bisa juga dibilang sebagai pemasukan tambahan, sehigga anak mengerti alur kas sederhana dan menerapkannya ketika dewasa kelak.

Ajarkan Bisnis Sederhana

Selain cara-cara di atas, Anda juga dapat mengajarkan mereka cara sederhana untuk berbisnis. Misalkan Anda memiliki usaha sampingan di rumah dengan menjual pulsa elektrik, ajarkan mereka untuk menghitung berapa kembalian yang harus diberikan jika harga jualnya sekian. Selain itu libatkan mereka dalam bisnis sampingan ini akan membuat mereka mengerti betapa pentingnya mencari uang kelak di masa dewasa. Baca juga: 6 Ide Usaha Sampingan Tanpa Modal

Sehingga ketika ia telah kuliah dan membutuhkan uang tambahan, ia tak perlu merongrog kepada orang tuanya melainkan berusaha sendiri dengan menjalankan usahanya sendiri di lingkungan kampus tempatnya belajar. ***

       
        Loading...    
           
(Mario A Khair)
Kategori : Umum
Loading...
www www