Home > Berita > Siak

Hasil Pemeriksaan Tim Dinas Kesehatan: Takjil Ramadan di Perawang Negatif dari Rhodamin B dan Boraks

Hasil Pemeriksaan Tim Dinas Kesehatan: Takjil Ramadan di Perawang Negatif dari Rhodamin B dan Boraks

Tim UPTD Dinas Kesehatan Tualang mengambil sample makanan dan minuman yang dijual pedagang di Pasar Bedug.

Rabu, 15 Juni 2016 23:58 WIB
Halim
SIAK, POTRETNEWS.com - Selasa (14/6/2016) kemarin Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Siak Provinsi Riau melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kecamatan Tualang memeriksa kesehatan makanan takjil di Pasar Ramadan. Dari belasan sample makanan yang diperiksa tidak ditemukan zat kandungan boraks dan Rhodamin B. "Alhamdulillah setelah kita periksa, dari 17 sample hasilnya kandungan boraks dan negatif," beber Kepala UPTD Kesehatan Tualang dr Muslim, Rabu (15/06/201).

Menurut Muslim, hasil menggembirakan pemeriksaan takjil Ramadan kali ini berbeda dengan tahun lalu. Tahun lalu hasi pemeriksaan sample makanan dan minuman ada yang positif mengandung boraks dan Rhodamin B.

"Tahun lalu banyak kita temukan, setelah sample kita periksa positif hasilnya, kita datangi kembali pedagang memberikan pengarahan. Namun ada diantara menerima dan melakukan perbaikan, tapi ada juga yang menghilang saat kita datang mungkin takut," ucapnya.

Muslim menekankan, pemeriksaan makanan dan minuman berbuka puasa dalam rangka melindungi konsumen (masyarakat, red) dari beredarkan zat berbahaya terutama boraks dan Rhodamin. Dalam hal ini pihaknya, fokus kepada pembinaan, sehingga apabila ditemukan positif, diberikan pengarahan agar tidak menggunakan lagi bahan kimia berbahaya tersebut karena menggangu kesehatan tubuh manusia.

"Ampun pak, saya tidak mau lagi. Ini makanan saya bebas dari bahan berbahaya, tampilannya juga tetap menarik," tutur Upik, seorang pedagang cendol di Pasar Bedug Jalan Raya Km 4 Perawang, saat disambangi wartawan dan petugas kesehatan. Ia juga merupakan binaan UPTD Puskesmas Tualang dari hasil sidak tahun lalu. ***

Kategori : Siak, Umum
wwwwww