Jangan Cuma Dituntut Cetak Siswa Berprestasi, Tunjangan Guru di Rohil Perlu Diperhatikan

Jum'at, 10 Juni 2016 23:28 WIB
Advertorial
jangan-cuma-dituntut-cetak-siswa-berprestasi-tunjangan-guru-di-rohil-perlu-diperhatikanAnggota DPRD Kabupaten Rokan Hilir H Bakhtiar SH.
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Besarnya tuntutan pemerintah pada kinerja guru untuk menghasilkan siswa berprestasi di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Provinsi Riau, perlu diimbangi dengan memberikan apresiasi kepada para guru, antara lain dengan memberikan kenaikan gaji atau tunjangan. Anggota Komisi A DPRD Rohil H Bakhtiar mengatakan, jika hanya tuntutan yang diberikan kepada tenaga pengajar, sampai kapan pun prestasi diharapkan tidak akan pasti bisa dicapai. Tapi juga perlu diimbangi dengan apresiasi pada para guru.

“Kita juga harus lihat dari berbagai perspektif dulu titik permasalahannya, jika memberi tekanan tanpa ada pertimbangan yang sepadan tidak akan jadi juga,” kata H Bakhtiar. Menurut dia, fasilitas pendidikan di Rohil sudah cukup baik. “Artinya fasilitas yang ada sudah sangat baik untuk ukuran pendidikan di Rohil, tinggal pengelolaan pendidikan itu yang masih kurang,” tambahnya.

Hanya saja, Bakhtiar berpendapat, perhatian kepada guru secara personal juga dibutuhkan, seperti dengan menaikkan gaji guru honor. Dicontohkan, pasca-kenaikan gaji Rp500 ribu beberapa waktu lalu semangat tenaga pengajar di Rohil pun meningkat. Jika hanya menuntut tanggung jawab tenaga pengajar ditingkatkan tanpa adanya apresiasi yang layak diberikan kepada mereka (para guru), sama saja hasilnya.

“Kita mengharap anak kita pintar, tapi tidak mau memberikan apresiasi yang layak kepada guru. Artinya ada ketimpangan,” ujarnya. (adv/dewan/jaka)

wwwwww