Home > Berita > Rohil

Ketua DPRD Rohil Terima Berkas Pemekaran dari Panja DOB Dua Kabupaten

Rabu, 01 Juni 2016 20:26 WIB
Advertorial
ketua-dprd-rohil-terima-berkas-pemekaran-dari-panja-dob-dua-kabupatenKetua DPRD Kabupaten Rokan Hilir Nasrudin Hasan.
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Panitia Pekerja Daerah Otonomi Baru (DOB) Pemekaran Kabupaten Rokan Tengah dan Kabupaten Kubu Pesisir Babussalam, bertemu Ketua DPRD Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Provinsi Riau Nasrudin Hasan, sekaligus menyerahkan berkas hasil musyawarah besar (mubes) dua daerah yang direncanakan akan dimekarkan dari Rokan Hilir. Nasrudin menyambut baik kedatangan Tim Panja DOB. Sebelum menerima berkas yang serahkan oleh panitia pemekaran itu, Nasrudin terlebih dahulu melakukan silaturahmi dengan rombongan panitia itu, di Kantor DPRD Rohil, kemarin. Dia meminta kepada panitia untuk menyusun kekuatan dengan penuh guna menyukseskan wacana pemekaran.

Hal yang terpenting diminta Nasrudin kepada calon DOB, untuk tidak menjadikan wacana pemekaran sebagai langkah memarginal sebuah wilayah atau melakukan pembatasan terhadap sebuah sistem akses. "Pada intinya saya sangat mendukung adanya pemekaran ini. Jika dimekarkan Roteng dan Kubu Pesisir Babussalam dari Rohil, tentunya akan berkurang beban pikiran dan beban belanja yang dipikul oleh daerah, juga rentang kendali kita semakin membaik," kata Nasrudin.

Dari pengalamannya duduk di legislatif Rohil, Nasrudin mengatakan jika banyak daerah di Indonesia yang memiliki jumlah jiwa hanya 16.000 saja, sudah berani berdikari dengan memiliki Kabupaten sendiri. Bahkan dengan PAD yang hanya Rp400 miliar pun berani untuk mekar. "Dengan contoh itu saja, kita sudah memiliki syarat utama untuk mekar, apa lagi dengan jumlah minimum kecamatan yang ada sudah sangat memenuhi, saat ini tinggal bagai mana caranya untuk bekerja sama dengan baik guna memperjuangkan itu," imbuhnya.

Rombongan dari DOB Kabupaten Roteng yang dipimpin oleh Suhaimi Amsal, tampak memberikan dua buah berkas dengan ukuran ribuan lembar. Sedangkan dari Kubu Babussalam Pesisir yang diketuai oleh H Samuel Madwafa, juga memberikan berkas yang sama tebalnya dengan berkas hasil mubes dari Roteng. Dalam berkas yang diberikan oleh kedua ketua panitia pemekaran itu kepada Ketua DPRD Rohil, tercantum kesediaan masyarakat dan juga berbagai kajian yang telah diberikan oleh masyarakat dua DOB tersebut.

"Hajat sudah sampai, maksud sudah diketahui, saat ini berkas ini akan kami terima guna untuk dipelajari dan diteruskan k etingkat selanjutnya, semoga niat baik kita hari ini dengan pertemuan yang penuh dengan silaturahmi ini memberikan hasil yang baik nantinya," ujarnya. Tampak hadir pada kesempatan itu, Anggota DPRD Rohil masing-masing; Afrizal, HM BAchid Madjid, Abu Khoiri, H Bakhtiar, Darwis Syam, Yunadi, Perwedissuito dan Edison. (adv/dewan/jaka)

wwwwww