PotretNews.com Selasa 31 Maret 2020
Home >  Berita >  Interbis

Tips Usaha Butik Rumahan Terbaru

Tips Usaha Butik Rumahan Terbaru
Senin, 16 Mei 2016 14:21 WIB

SALAH satu usaha yang cocok untuk dikelola seorang wanita adalah Jenis Usaha Rumahan yang bergerak di bidang fashion, yaitu membuka sebuah butik pakaian wanita. Untuk “Butik” biasanya memang memerlukan tempat khusus yang memadai dimana tempatnya cukup luas untuk menyimpan barang-barang dan juga sebagai Gallery dari butik itu sendiri yang akan menampilkan display barang-barang fashion yang dijualnya. Namun, untuk memiliki tempat khusus tersebut diperlukan biaya yang cukup banyak, untuk pemula tentunya memiliki tempat usaha ini masih memerlukan dana yang cukup besar.

Sebagai pemula, anda tidak perlu repot dan bingung jika memang ingin membuka butik namun masih terkendala dengan tempat atau area khusus untuk display barang anda. Anda dapat membuka usaha butik ini di rumah anda sendiri. saat ini, ada banyak aksesoris dan dekorasi yang murah namun menarik, yang bisa anda beli untuk menciptakan kesan ruangan seperti di butik-butik besar. Istilah DIY atau (Do It Youre self) ini membiarkan orang untuk kreatif terhadap sesuatu yang ingin diciptakanya. Anda bisa melihat contoh dekorasi ruangan yang cocok untuk sebuah butik, dan mulai lakukan dekorasinya.

Membuka usaha butik rumahan, tentunya harus mempertimbangkan beberapa hal, mengingat usaha tersebut dilakukan di dalam rumah kita sendiri. buatlah kesan bahwa, walaupun usahanya dijalankan dirumah, tidak berarti kita harus bersantai-santai seperti saat berada di rumah seperti biasa. Sebagai seorang pemilik butik tersebut, dan saat butik tersebut buka atau dalam jam operasional, maka anda harus standby dan siap setiap harinya untuk mengelola butik tersebut, terkecuali saat sudah mengambi seorang karyawan.

Dikutip dari suhedribusli[dot]com berikut ini beberapa tips untuk anda yang sedang atau akan mengelola usaha butik rumahan:

Tentukan Jadwal Kerja Anda

Anda harus memiliki jadwal kerja anda sendiri, walaupun usaha yang anda jalankan ini di rumah anda sendiri. dengan begitu, aktifitas mengelola butik anda akan lebih terasa, walaupun itu dilakukan di rumah. Selain jadwal kerja, kegiatan kerja anda juga bisa anda jadwalkan sendiri, dan belajarlah bertanggung jawab akan tugas anda tersebut. jika anda seorang ibu rumah tangga, anda bisa mulai membuka butik anda setelah anda mengurus suami dan anak-anak anda, mungkin butik bisa buka mulai dari jam 9 hingga siang. Selama waktu itu, sebaiknya anda rajin berpromosi baik secara mulut ke mulut atau lewat sosial media. Tentunya usaha butik rumahan anda ini akan lebih cepat dikenal. Jangan biarkan aktifitas kurang penting lainya mengganggu jadwal kerja anda, seperti menonton tv, curhat dengan teman dan lainya.

Miliki Sistem

Memiliki system disini adalah sebagai pengusaha anda harus memiliki system pencatatan yang baik atas segala hal yang berkaitan dengan usaha anda tersebut. mulai dari pencatatan kelengkapan barang, atau juga pencatatan keuangan yang bergulir dalam usaha anda. Simpan data seperti ini di dalam komputer, agar sewaktu-waktu dapat diedit oleh anda sendiri. lakukan pencatatan dengan detail, mulai dari catatan administrasi, pengeluaran , pemasukan, stock barang, semuanya harus lengkap.

Ciptakan Kebersihan dan Kerapihan

Walaupun usaha butik ini dijalankan di rumah anda sendiri, namun sama hal nya dengan kantor, anda perlu menjaga kerapihan dan kebersihan butik rumahan anda ini. di awal ada ulasan mengenai DIY terkait mendekorasi sendiri ruangan khusus sebagai display butik anda. Anda bisa ciptakan ruangan yang senyaman mungkin, dengan berbagai hiasan yang perlu, sehingga saat ada pelanggan yang mampir mereka akan merasa seperti berada di butik khusus, padahal butik anda hanya ada di rumah anda.

Lakukan Promosi dan Pemasaran

Ini adalah hal yang selalu dibicarakan dalam usaha atau bisnis rumahan apapun juga. Lokasi rumah biasanya berbeda-beda, ada yang terlihat orang dan ada juga yang tidak. Untuk masalah seperti ini, anda hanya perlu melakukan promosi ke orang-orang yang menurut anda tepat untuk menjadi pelanggan anda. Lakukan promosi ke tetangga atau orang-orang disekitar rumah. Selain itu, promosi juga bisa dilakukan lewat sosial media apapun. Update info promo dan barang baru yang ada di butik rumahan anda.

Berikan Tanda anda memiliki Usaha Di rumah

Anda bisa memasang banner gantung atau X banner di rumah anda, sebagai tanda bahwa anda membuka butik di rumah. Ciptakan bahwa rumah anda ini adalah sebuah butik yang bisa dikunjungi kapan saja, sesuai dengan jam operasionalnya.

Ikuti Pameran Khusus Fashion di Kota Anda

Jika anda sudah cukup lama menjalankan usaha butik rumahan seperti ini, anda bisa mulai menaikan level anda ke tingkat yang lebih tinggi lagi, dengan mengikuti event khusus fashion yang ada di kota anda. Perhitungkan seluruh pengeluaran yang dibutuhkan untuk mengikuti event seperti ini. jika keuangan usaha anda mencukupi maka sebaiknya anda mengikuti event tersebut, karena peluang usaha anda untuk dikenali lebih banyak orang lagi akan terbuka lebar.

Kelola usaha butik rumahan anda dengan tekun. Sebuah usaha, walaupun hanya Usaha Rumahan biasa, jika dilakukan dengan tekun dan rajin berpromosi, serta menciptakan model-model baru yang lebih modern dan disukai orang-orang, maka tidak menutup kemungkinan usaha butik rumahan anda juga akan terkenal nantinya. Semoga bermanfaat.

       
        Loading...    
           
(Mario A Khair)
Kategori : Interbis
Loading...
www www