Kapolda Riau Upayakan Pemulangan Anak Buahnya dari Malaysia

Kapolda Riau Upayakan Pemulangan Anak Buahnya dari Malaysia

Ilustrasi.

Senin, 02 Mei 2016 03:33 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kapolda Riau, Brigjen Supriyanto, masih mengupayakan pemulangan Brigadir Riki yang ditahan Polis Diraja Malaysia di perairan Bengkalis perbatasan Indonesia-Malaysia. "Saya mendapatkan laporan dari Ditpolair. Kemudian dipastikan apakah memang terkait illegal fishing atau penyeludupan. Sampai sekarang masih terus dikoordinasikan dengan perwakilan Polri diMalaysia," ujar Supriyanto, Minggu (1/5/2016).

Berdasarkan informasi yang masuk, Brigadir Riki tengah berpatroli dan menyelidiki dugaan pencurian ikan ilegal oleh kapal-kapal asing yang hendak masuk ke perairan Indonesia di Riau.

Brigadir Riki berpatroli dengan tiga lainnya, namun sesuai koordinat yang disepakati ternyata kapal yang dinaiki Brigadir Riki terbawa arus dan masuk zona wilayah Malaysia karena arus. "Karena lewat zona itulah kemudian tertangkap," ujar Kapolda.

Ia menambahkan, pihaknya akan memeriksa kapal kecil yang digunakan Brigadir Riki saat patroli hingga akhirnya tertangkap.

Agensi Penguatkekuasaan Maritim Malaysia (APMM) menahan empat WNI karena dianggap melanggar batas wilayah mereka. Saat itu Brigadir Riki juga ketahuan membawa senjata api.

Ia bersama Cumdi, seorang PHL TNI AL, Syaiful Bahri, warga sipil serta Agusti warga sipil yang diamankan saat berpatroli, Kamis (28/4/2016) lalu. Polda Riau masih berupaya memulangkan mereka.‎

Berdasar hasil pemeriksan Polisi Diraja Malaysia, Brigadir Riki tidak membawa akta keimigrasian serta akta kepemilikan senjata api saat berada di wilayah perairan Malaysia. "Kita terus melakukan koordinasi dengan Polri perwakilanMalaysia untuk pemulangannya," imbuh Kapolda Riau. ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber:
Tribunpekanbaru.com

Kategori : Peristiwa, Riau
wwwwww