Sesaat Lagi Diterbitkan, Kementerian LHK Siapkan Draf SK RTRWP Riau

Sesaat Lagi Diterbitkan, Kementerian LHK Siapkan Draf SK RTRWP Riau

Ilustrasi.

Rabu, 30 Maret 2016 18:20 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Setelah menempuh begitu banyak lika-liku dan tantang untuk pengesahan Rencana Tata Ruang dan Wilayah Provinsi (RTRWP) Riau, akhirnya, selangkah lagi harapan dan cita-cita itu akan tercapai. Saat ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kementerian LHK) akan menyiapkan penerbitan surat keputusan (SK) Menteri LHK terkait RTRWP Riau.

Kepastian ini disampaikan Direktur Kawasan Hutan, Ditjen Planologi dan Tata Lingkungan Kementerian LHK, Kustanta, Rabu (30/3/2016) di Jakarta. Kata dia, data dari Pemprov Riau terkait RTRWP sudah diterima Kementerian LHK hari ini, sesuai dengan yang diminta sebelumnya. Data tersebut lanjut nya akan ditelaah lebih lanjut apakah sudah sesuai kesepakatan bersama.

"Sesuai perjanjian kita kemarin, hari ini kita sudah menerima data dari Pemprov Riau. Selanjutnya, kita melakukan telaah sesuai kesepakatan rapat sebelumnya," sebut Kustanta.

Dia menjelaskan, setelah pihaknya melakukan penelaahan dan mempelajari datanya. Apabila sesuai dengan yang disepakati bersama, selanjutnya katanya Kementerian LHK akan menyiapkan SK Menteri tentang RTRWP Riau.

"Apabila data yang kita telaah sudah sesui kesepakatan, terus kita akan disiapkan SK Menteri LHK tentang RTRWP Riau," ujar dia.

Sebelumnya, Pemprov Riau dan kabupaten/kota, Rabu kemarin sudah membahas RTRWP Riau dengan Kementerian LHK dalam pembahasan tim secara teknis untuk menindaklanjuti rekomendasi dari Ombudsman RI.

Dalam rapat tersebut disepakati Kementerian LHK memberikan waktu satu minggu untuk Pemprov Riau menyelesaikan masalah teknis untuk penerbitan SK terkait RTRW.

Dalam rapat tersebut dihadiri oleh Direktur Kawasan Hutan, Ditjen Planoligi dan Tata Lingkungan, Kustanta, Plt Sekda Riau, M Yafiz, Kadis Kehutanan Riau Fatrizal Labah dan Kadis Kehutanan dan Bappeda dari semua kabupaten/kota di Riau.

Diharapkan dengan keluarnya SK Menteri LHK tentang RTRWP Riau, segala kendala dan masalah dalam pembangunan di Riau tidak menjadi kendala lagi. ***

(Akham Sophian)
Sumber:Riauterkini.com
wwwwww