Ini Pantun Dadakan ala Sekjen PDIP untuk Pemimpin Riau

Ini Pantun Dadakan ala Sekjen PDIP untuk Pemimpin Riau

Dari kiri; Ketua Lembaga Adat Melayu Riau Al Azhar, Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua DPD PDIP Riau Kordias Pasaribu, di pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD PDI Perjuangan Provinsi Riau, Sabtu (19

Sabtu, 19 Maret 2016 17:48 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Pantun identik dengan budaya Melayu. Sehingga di perhelatan politik pun pembacaan pantun menjadi hal yang lazim. Hal ini juga ditemukan saat rapat kerja daerah DPD PDIP ProvinsiRiau, Sabtu (19/3/2016). Dalam acara itu, Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menciptakan tiga pantun secara mendadak.

Sebelum Hasto membuka rakerda, Ketua Panitia dilanjutkan PltGubernur Riau, mengawali sambutan. Melihat dua sambutan itu diakhiri pantun, Hasto pun secara kilat menciptakan dua pantun di handphone yang dipegangnnya.

Usai panjang lebar memberikan sambutan kepada ratusan kader dan struktur partai, Hasto pun meminta izin membacakan pantunnya.

Adapun isi pantun pertama itu adalah:
Rakerda PDI Perjuangan Provinsi Riau kali ini pantas dikenang,
Karena Pak Gubernur berkenan datang. Tali silaturahim ini akan semakin terbentang, dengan ekspresi kebudayaan melayu yang begitu agung dan membuat kita tercengang

"Ini benar kan, yang penting akhiran pantun sama. Ini diakhiri ng semua," ucap Hasto yang disambut dengan gelak tawa peserta rakerda.

Pantun kedua yang diciptakan dan sekaligus dibacakan Hasto berbunyi:
Bung Karno sungguh terpesona oleh keanekaragaman kebudayaan Indonesia yang begitu menawan, Kita pun tergerakkan untuk mewujudkannya pada politik yang berkeadaban,
Hari ini kader-kader PDI Perjuangan Provinsi Riau tak henti-hentinya meneguhkan, Komitmennya membangun Riau yang berkebudayaan.
Sebelum membuka Rakerda, Hasto berdialog dengan Ketua Lembaga Adat Melayu. Dia mengatakan panitia rakerda yang menjembatani dialog tersebut, menyiapkan pantun bagi Hasto.
"Tapi pantun itu saya baca gak cocok. Akhirnya, saya pun ‎mendadak menciptakan pantun untuk disampaikan kepada pengurus Lembaga Adat Melayu," beber Hasto.

Pantun tersebut berbunyi:
Hatiku senang datang ke Pekanbaru,
Mohon maaf datang dengan waktu terburu-buru,
Suatu kehormatan dapat bertemu para tokoh Lembaga Adat Melayu,
Melalui kebudayaan kita bersatu.

Al Azhar yang didampingi sejumlah pengurus Lembaga Adat Melayu Riau pun bertepuk tangan atas pantun yang dibacakan Hasto tersebut.

Memang dialog Hasto dengan pengurus Lembaga Adat MelayuRiau hanya sekitar 30 menit karena Hasto harus segera membuka rakerda.

Hasto pun akhirnya mengajak Ketua Lembaga Adat Melayu RiauAl Azhar dan pengurus lainnya bersama-sama hadir di pembukaan rakerda.

"PDIP respek dan mengagumi keseluruhan khasanah kebudayaan Melayu sebagai pilar dari Indonesia yang berkepribadian dalam kebudayaan," kata Hasto/

"Budaya Melayu, dalam proses dialektis dengan kebudayaan lain di Indonesia akan menjadi modal diplomasi budaya untuk menggambarkan betapa kayanya kebudayaan Indonesia," tegas Hasto saat sambutannya. ***

(Mukhlis)
Kategori : Politik, Pekanbaru
Sumber:Tribunpekanbaru.com
wwwwww