1.151 Personel TNI Diturunkan Lagi untuk Padamkan Api di Riau

1.151 Personel TNI Diturunkan Lagi untuk Padamkan Api di Riau

Ilustrasi/Personel TNI melakukan pemadaman api.

Kamis, 17 Maret 2016 18:31 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Tim Satuan Tugas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Riau melepas 1.151 orang personel TNI untuk memadamkan api.
Komandan Tim Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan Brigjen TNI Nurendi mengatakan personil itu ditugaskan di wilayah pesisir Riau. Personel itu berasal dari Kodam Bukit Barisan dan Mabes TNI AD.

"Pembentukan pasukan terpadu merupakan tindak lanjut dari peningkatan status Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan yang ditetapkan Pemerintah Provinsi Riau," katanya, Kamis (17/3/2016).

Personel ini akan membantu personil TNI yang berada di masing-masing daerah. Ribuan personel TNI itu juga difokuskan melakukan pencegahan bersama anggota Polda Riau, instansi lain dan masyarakat.

Sebelumnya, Polda Riau membangun 1.000 unit sekat kanal di seluruh kabupaten untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan.

Wakapolda Riau Kombes Pol Edi Setyo Budi mengatakan 697 unit sekat kanal sudah dibangun di wilayah pesisir Riau atau yang berlahan gambut. Sementara, ratusan lainnya masih dalam pembangunan.

"Polda Riau tidak hanya fokus memadamkan api dan menangkap pelaku karhutla. Pembangunan 1.000 sekat kanal adalah upaya Polda Riau dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan," katanya.

Kebakaran hutan dan lahan kembali muncul di Riau. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menemukan 3 titik panas di Sumatra pada Kamis pagi. Kondisi itu membuat Pekanbaru berkabut tipis dengan jarak pandang 5 km. ***

(M Yamin Indra)
Sumber:Bisnis.com
wwwwww