Home > Berita > Siak

Disperindag Siak Kecewa PT Indah Kiat Tenderkan Barang Bekas

Disperindag Siak Kecewa PT Indah Kiat Tenderkan Barang Bekas

Ilustrasi.

Selasa, 15 Maret 2016 21:10 WIB
PERAWANG, POTRETNEWS.com - Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Siak, Riau, Wan Buchari kecewa dengan tindakan PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Perawang. Pasalnya, limbah nonkimiawi yang biasanya disuplai ke pengrajin ekononi kreatif, kini ditenderkan oleh PT IKPP.

"Kalau ditender mana mungkin masyarakat itu sanggup. Akibat mereka tenderkan itu, puluhan pengrajin tidak dapat bahan baku lagi. Ini namanya tak mendukung ekonomi kreatif dalam menghadapi MEA ini," kata Wan Buchary, Selasa (15/3/2016).

Melihat adanya pengaduan para pengrajin, Disperindag Siak menyurati pihak PT IKPP. Ia meminta agar PT IKPP mempertimbangkan kondisi masyarakat tempatan untuk mendapatkan pekerjaan.

"Dengan kondisi pasar bebas kawasan Asia Tenggara ini, seharusnya perusahaan juga mendukung dan menyupport pertumbuhan ekonomi kerakyatan. Kalau pemerintah saja yang mengupayakan juga belum cukup. Peran perusahaan dimana, seharusnya mereka juga paham ini," kata dia.

Akibat ditenderkannya barang bekas nonkimiawi di PT IKPP, sedikitnya 45 pengrajin kehilangan pekerjaannya. Pengrajin ini bermukim di Kampung Tuakang, berdampingan dengan pabrik PT IKPP. ***

(Mukhlis)
Kategori : Siak, Umum
Sumber:Tribunpekanbaru.com
wwwwww