Home > Berita > Dumai

Kebakaran Lahan di Dumai, Puluhan Polisi dan Tentara Berjibaku Padamkan Api

Kebakaran Lahan di Dumai, Puluhan Polisi dan Tentara Berjibaku Padamkan Api

Ilustrasi.

Minggu, 06 Maret 2016 09:00 WIB

DUMAI, POTRETNEWS.com - Kebakaran hutan dan lahan yang dilakukan orang tidak bertanggung jawab membuat tim pemadam dari TNI dan Polri melakukan pemadaman beberapa titik kebakaran. Salah salah satunya di Kota Dumai.

Pemadaman dilakukan di Jalan Keluarga, Gang Hijrah dan Kelurahan Bukit Batrem Kecamatan Dumai Timur. Sedikitnya tiga hektare lahan terbakar.

Lahan tersebut diketahui milik seorang kepala sekolah. Adapun lahan yang terbakar adalah kebun sawit dan perkebunan nanas.

"Mengatasi kebakaran di sana, kita kerahkan 33 anggota dari Polri yang dipimpin Kapolsek Dumai Timur. Pemadaman juga dibantu lima prajurit TNI," kata Kapolres Dumai AKBP Suwoyo, Sabtu (5/3/2016).

Selain di dua keluarahan tersebut, kebakaran juga terjadi di Kelurahan Tanjung Jaya. Sedikitnya lima hektare musnah dilalap si jago merah.

Upaya pemadaman di lahan gambut tersebut, sekira 70 personel TNI, Polri dan masyarakat berjibaku melawan api. Pemadaman dilakukan dengan menggunakan empat pompa mesin.

"Kendala yang dihadapi di lapangan adalah panasnya cuaca dan hembusan angin sehingga kebakaran cepat merambat. Selain itu, akses masuk ke lokasi kebakaran cukup menyulitkan tim pemadam karena akses jalan dan jembatan tidak bisa dilalui kendaraan. Namun demikian anggota terus berusaha memadamkan," tukasnya.

Untuk itu, Kapolresta Dumai berharap, agar warga tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar, karena bisa merugikan orang banyak.

"Selama ini kita dari Polres Dumai terus melakukan sosialiasi, pemasangan pengumuman tentang larangan pembakaran lahan. Membantu warga membuka lahan tidak dibakar. Melakukan patroli di lokasi rawan kebakaran. Namun tetap saja ada oknum yang melakukan pembakakaran.Untuk itu, sekali lagi kepada warga jangan melakukan pembakaran," ujar kapolresta. ***

(Wawan Setiawan)
Sumber:Okezone.com
wwwwww