Kompor yang Ditinggal Karyawan saat Masak Nasi Penyebab Terbakarnya 70 Hektar Lahan Akasia di Bengkalis

Kompor yang Ditinggal Karyawan saat Masak Nasi Penyebab Terbakarnya 70 Hektar Lahan Akasia di Bengkalis

Ilustrasi/Kebakaran lahan.

Selasa, 01 Maret 2016 20:27 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Gara-gara memasak nasi, dua karyawan sub kontraktor pemasok kayu ke perusahaan raksasa bubur kertas di Asia terpaksa berurusan dengan polisi. Kedua karyawan PT Satria Agung Perkasa (SAP) itu, EL dan AS, meludeskan 70 hektar lahan di Kabupaten Bengkalis, Riau.

Pria yang akrab disapa Aloy ini menjelaskan, EL dan AS di PT SAP bertugas melakukan pembibitan, penjagaan dan pembersihan lahan.

Aloy menyebutkan, kebakaran pertama terjadi sejak Kamis (27/2/2016). Saat itu kedua tersangka mengaku memasak sekitar pukul 05.00 WIB sebelum bekerja. Namun, mereka mengaku buru-buru sehingga lupa memadamkan api.

Selang beberapa jam kemudian sekembalinya bekerja, gubuk yang mereka tinggali terbakar. Api cepat meluas karena saat itu cuaca sedang panas terik dan angin berhembus kencang.

"Saat ini petugas gabungan Polri, TNI dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bengkalis masih terus berusaha memadamkan kebakaran lahan," sebut Aloy.

Aloy menyebutkan, sepekan terakhir Kabupaten Bengkalis terus dilanda kebakaran lahan dan hutan. Puluhan titik api terpantau di wilayah tersebut. Pemerintah setempat menetapkan status siaga darurat kebakaran lahan dan hutan selama 60 hari ke depan.

Sementara itu, Kepala Bidang Damkar BPBD Bengkalis Suiswantoro menjelaskan bahwa jajarannya terus berupaya memadamkan api kebakaran lahan dan hutan.

"Sejauh ini, BPBD bersama TNI dan Polri masih berusaha memadamkan api supaya tidak meluas," ucapnya singkat. ***

(Farid Mansyur)
Sumber:Riaubook.com
wwwwww