Home > Berita > Riau

Ahad Pagi Ini, Citra Satelit Tangkap 28 Hotspot di Riau

Ahad Pagi Ini, Citra Satelit Tangkap 28 Hotspot di Riau

Ilustrasi.

Minggu, 28 Februari 2016 09:18 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Pagi ini titik panas (hotspot) yang tertangkap citra satelit Terra dan Aqua, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Riau, Minggu (28/2/2016) pukul 07.00 WIB, terpantau 28 titik panas di Provinsi Riau.

"Dari 28 titik panas, titik api (firespot) dengan level kepercayaan (confidence di atas 70 persen), ada 25 titik api di Riau, diantaranya Kabupaten Bengkalis 19 titik, Pelalawan 5 titik, Siak 3 titik dan Inhil hanya 1 titik," ujar Kepala BMKG stasiun Pekanbaru, Sugarin.

Kecepatan angin secara umum, lanjutnya, dari arah Utara hingga Timur Laut dengan kecepatan 5 knot - 15 knots (9 km/jam - 27 km/jam). Kecepatan angin ini bisa berpotensi semakin meluasnya kebakaran lahan dan hutan, jika tidak cepat ditanggulangi, sehingga menyebabkan kabut asap.

"Selain di Riau, 40 hotspot juga terdeteksi di Aceh 7 titik, Sumatera Utara 17 titik, Sumatera Barat 6 titik, Bengkulu 9 tiitk dan Kepulauan Riau hanya 1 titik," urai Sugarin.

Sementara, terangnya, pada umumnya cuaca di wilayah Riau cerah hingga berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan tidak merata yang dapat disertai petir terjadi di wilayah Riau bagian Barat dan Tengah pada siang atau sore dan malam hari.

"Kita mengkhawatirkan jika terus meningkatnya titik api di Riau, menimbulkan asap, yang mengakibatkan terganggunya kesehatan," ungkap Sugarin. ***

(Wawan Setiawan)
Kategori : Riau, Lingkungan
Sumber:GoRiau.com
wwwwww